PERAN TENAGA KERJA PEREMPUAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA PETERNAK LEBAH MADU TRIGONA SP (Desa Salut Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara)

ADI, CANDRA (2023) PERAN TENAGA KERJA PEREMPUAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA PETERNAK LEBAH MADU TRIGONA SP (Desa Salut Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Adi Candra_B1D018007_Fakultas Peternakan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal Adi Candra_B1D018007_Fakultas Peternakan.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (518kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui peran perempuan terhadap usaha ternak lebah madu Trigona SP ditinjau dari aspek akses, kontrol, pengambilan keputusan, dan Untuk mengetahui kontribusi perempuan terhadap tingkat pendapatan budidaya lebah madu Trigona SP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dilaksanakan di Desa Salut Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Populasi penelitian ini adalah 73 dan sampel 50 peternak lebah madu Trigona SP di Desa Salut Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Sumber dan Cara Pengumpulan Data yakni Data Primer dan Sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran perempuan dalam usaha ternak lebah madu Trigona SP ditinjau dari aspek akses, kontrol, dan pengambilan keputusan saling mempengaruhi dalam peningkatan pendapatan, oleh karena itu ketiga aspek tersebut perlu ditingkatkan lagi sehingga kedepannya dapat membantu dalam meningkatkan pendapatan. Mengenai kontribusi perempuan terhadap tingkat pendapatan budidaya lebah madu Trigona SP, dilihat dari berbagai indikator yakni pada tingkat pendidikan, pengalaman beternak, dan curahan waktu kerja. Perempuan perlu meningkatkan kembali indikator tersebut, karena perlu diketahui kontribusi perempuan memberi pengaruh terhadap tingkat pendapatan keluarga. Semakin tinggi indikator tersebut akan semakin membantu dalam peningkatan pendapatan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran, Perempuan, Tingkat Pendapatan, Lebah Madu Trigona SP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Mar 2023 06:20
Last Modified: 12 Mar 2023 06:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35684

Actions (login required)

View Item View Item