PERBANDINGAN KLASIFIKASI PERSEPSI MASYARAKAT PROVINSI NTB TERHADAP VAKSIN COVID-19 MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK BINER DAN MARS

RIZKI FITRI, ANANDA (2023) PERBANDINGAN KLASIFIKASI PERSEPSI MASYARAKAT PROVINSI NTB TERHADAP VAKSIN COVID-19 MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK BINER DAN MARS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsisah_rizkifitriananda_g1d017057 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
artikel rizki1.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang terinfeksi virus covid-19. Pemerintah telah menerapkan berbagai upaya untuk menangani virus covid-19 salah satunya dengan vaksinasi covid-19. Namun, program vaksinasi covid-19 menimbulkan kontroversi bagi sebagian orang karena tidak sedikit masyarakat yang menolak untuk divaksinasi. Penyebaran informasi yang salah dapat menimbulkan berbagai persepsi di kalangan masyarakat. Persepsi masyarakat terhadap vaksin covid-19 dapat dikategorikan menjadi dua yaitu positif dan negatif, berdasarkan survey kemenkes RI terkait penerimaan vaksin covid-19 menyatakan bahwa persepsi tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut penting untuk diketahui sebagai upaya dalam meningkatkan penerimaan vaksin covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membandingkan hasil klasifikasi persepsi masyarakat terhadap vaksin covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode regresi logistik biner dan MARS, kedua metode tersebut merupakan metode klasifikasi yang tepat untuk diterapkan pada data variabel respon kategori khususnya data persepsi terhadap vaksin covid-19. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dengan variabel prediktor yaitu jenis kelamin , umur , status pekerjaan ( ), pendidikan terakhir , status kepemilikan asuransi , kesediaan untuk divaksin , penyakit tidak menular ( ), dan edukasi . Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa metode MARS lebih baik dibandingkan dengan metode regresi logistik biner dengan tingkat klasifikasi sebasar dan . Berdasarkan metode regresi logistik biner faktor yang memberikan pengaruh adalah , , , dan sedangkan pada metode MARS yaitu , , , , , dan .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Regresi Logistik Biner, MARS, klasifikasi persepsi terhadap vaksin covid-19
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Mar 2023 06:19
Last Modified: 12 Mar 2023 06:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35686

Actions (login required)

View Item View Item