ANALISIS PRODUKSI DAN PEMASARAN KEDELAI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Puteri Rizkya Magna, Anugerah (2023) ANALISIS PRODUKSI DAN PEMASARAN KEDELAI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT_PUTERI RIZKYA M.A_C1G019234(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_PUTERI RIZKYA M.A_C1G019234(1).pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil produksi dan pendapatan petani kedelai di Kabupaten Lombok Barat, menganalisis saluran pemasaran kedelai di Kabupaten Lombok Barat, menganalisis efisiensi pemasaran kedelai di Kabupaten Lombok Barat dan menganalisis masalah yang dihadapi petani kedelai di Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usahatani kedelai yang dilakukan oleh petani di Kabupaten Lombok Barat. Penentuan daerah sampel menggunakan purposive sampling yaitu Kecamatan Lembar, Gerung dan Gunungsari dengan pertimbangan bahwa kecamatan tersebut merupakan kecamatan dengan produktivitas kedelai tertinggi di Kabupaten Lombok Barat. Selanjutnya pada masing-masing kecamatan dipilih satu desa dengan produksi dan luas tanam tertinggi. Desa tersebut adalah Desa Mareje di Kecamatan Lembar, Desa Banyu Urip di Kecamatan Gerung dan Desa Jati Sela di Kecamatan Gunungsari. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 30 responden yang ditentukan dengan metode quota sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu analisis pendapatan dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata produksi kedelai yang dihasilkan adalah 1.173 kg/LLG atau 1.257 kg/ha dengan harga Rp12.000/kg sehingga total nilai produksi yang diterima petani sebesar Rp14.076.000/LLG atau Rp15.084.000/ha. Maka, rata-rata pendapatan usahatani kedelai yang diterima oleh petani sebesar Rp7.830.062/LLG atau Rp8.391.923/ha; (2) Pemasaran kedelai di Kabupaten Lombok Barat terdiri atas dua saluran pemasaran yaitu: I. Petani → Pedagang Pengumpul → Konsumen Akhir; II. Petani → Pedagang Pengumpul → Pengecer → Konsumen Akhir; (3) Pada saluran pemasaran I diperoleh margin pemasaran sebesar Rp2.000/kg, share petani sebesar 85,71% dan distribusi keuntungan sebesar 1. Pada saluran pemasaran II diperoleh margin pemasaran sebesar Rp4.000/kg, share petani sebesar 75% dan distribusi keuntungan sebesar 0,07; (4) Masalah yang dihadapi oleh petani adalah serangan hama/penyakit yang sulit dikendalikan, kurangnya modal dan fluktuasi harga kedelai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kedelai, Produksi, Pendapatan, Pemasaran
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Mar 2023 06:02
Last Modified: 12 Mar 2023 06:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35710

Actions (login required)

View Item View Item