PERANCANGAN PROGRAM PYTHON UNTUK PENGURANGAN NOISE PADA PENGOLAHAN DATA GEOMAGNETIK MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE DAN FAST FOURIER TRANSFORM (FFT)

YUNITA, SAKIRA (2023) PERANCANGAN PROGRAM PYTHON UNTUK PENGURANGAN NOISE PADA PENGOLAHAN DATA GEOMAGNETIK MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE DAN FAST FOURIER TRANSFORM (FFT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_YUNITA SAKIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_YUNITA SAKIRA.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Medan magnet bumi selalu mengalami perubahan disebabkan oleh berbagai aktivitas di bumi atau luar bumi. Hasil pengukuran dari observatorium seringkali mengalami kerusakan data yang dipengaruhi oleh noise sehingga perlu diminimalisir. Data yang digunakan adalah data deret waktu variasi harian medan magnet total (F) dari Stasiun Nurul Bayan (NRB) pada bulan September 2018 yang terekam selama 24 jam dalam satuan detik. Penelitian ini menggunakan metode FFT untuk mengubah data dari domain waktu ke domain frekuensi dan metode moving average yang digunakan dalam merancang program Python. Berdasarkan hasil pengujian sistem menunjukkan, bahwa rancangan program Python dapat membersihkan noise yang dibuktikan dengan peningkatan nilai autokorelasi dari rawdata 0.054896 menjadi 0.999882 serta nilai SNR = 67.54 (dB) dan nilai MSE 0.0016 (dB)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Geomagnetik, Noise, FFT, Moving Average, Program Python.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Mar 2023 05:58
Last Modified: 12 Mar 2023 05:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35713

Actions (login required)

View Item View Item