Wahyu, Bintiopani (2023) ANALISIS PROFITABILITAS DAN PEMASARAN VCO (VIRGIN COCONUT OIL) DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsi_Wahyu Bintiopani_agribisnis.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
Jurnal VCO_Wahyu Bintiopani_C1G018182.pdf Download (831kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis tingkat profitabilitas usaha VCO (Virgin Coconut Oil) di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. (2) Menganalisis pemasaran VCO (Virgin Coconut Oil) di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Unit analisis merupakan usaha VCO (Virgin Coconut Oil) yang berada di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Responden dalam penelitian ini adalah responden (perajin) yang mengusahakan agroindustri VCO (Virgin Coconut Oil) di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik survey yaitu wawancara tatap muka dengan responden. Analisis data menggunakan analisis keuntungan, dan analisis profitabilitas. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1). Profitabilitas usaha agroindustri VCO (Virgin Coconut Oil) di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara sebesar 59,09%. Nilai tersebut lebih besar dari persentase bunga deposito yang diterapkan oleh rata-rata Bank Pemerintah Indonesia yaitu berkisar 2,25% - 3,50% per bulan. Artinya bahwa usaha argoindustri VCO layak untuk dijalankan karena persentase keuntungan yang didapatkan lebih besar dibandingkan persentase laba menabung di bank. Tingginya nilai profitabilitas berarti bahwa usaha produksi VCO dapat dikatan menguntungkan dan layak untuk diusahakan. (2). Pemasaran VCO (Virgin Coconut Oil) di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara termasuk tidak efisien, hal ini di tinjau dari indikator sahre produsen sebesar 31,11% < 60%, dan distribusi keuntungan sebesar 0,03 < 0,5 yang artinya pemasaran produk VCO tidak adil
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | VCO (Virgin Coconut Oil), Profitabilitas, dan Pemasaran |
Subjects: | S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 12 Mar 2023 05:54 |
Last Modified: | 12 Mar 2023 05:54 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35716 |
Actions (login required)
View Item |