SINTESIS NANOKRISTAL SELULOSA AMPAS TEBU MENGGUNAKAN METODE HIDROLISIS ASAM DAN APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN ION TIMBAL (II)

RINA ASRIANTI, RAIHAN (2023) SINTESIS NANOKRISTAL SELULOSA AMPAS TEBU MENGGUNAKAN METODE HIDROLISIS ASAM DAN APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN ION TIMBAL (II). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rina Asrianti Raihan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
arikel Rina Asrianti Raihan.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Timbal merupakan jenis logam berat yang berbahaya bagi kesehatan yang dapat berasal dari kegiatan industri. Untuk mengurangi pencemaran logam berat digunakan metode adsorpsi menggunakan adsorben dari bahan alami yaitu selulosa ampas tebu yang di ubah menjadi nanokristal selulosa sebagai adsorben ion timbal Pb2+ . Pemanfaatan serat alami selulosa dapat dimanfaatkan menjadi nanokristal selulosa dengam metode hidrolisis asam.Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi nanokristal selulosa dan mengetahui pengaruh variasi massa, pH, dan konsentrasi larutan serta mempelajari model isotherm adsorpsi. Karakterisasi nanokristal selulosa oleh spektrofotometer FTIR menunjukkan adanya gugus O-H, C-H dan gugus fungsi CH2 merupakan gugus fungsi dari selulosa. Karakterisasi hasil pengukuran menggunakan PSA, nanokristal selulosa memiliki ukuran partikel sebesar 1,084 nm dan karakterisasi XRD menunjukkan puncak tertinggi pada 2θ = 25,263° dan pada 2θ = 17,634°. Kondisi optimum adsorpsi menunjukkan variasi massa adsorben yaitu 0,2 g, pH 6 dan konsentrasi larutan sebesar 75 ppm serta kapasitas adsrorpsi sebesar 1,887 mg/g. Model isotherm yang diperoleh yaitu isotherm Langmuir. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nanokristal selulosa dapat mengadsorpsi ion timbal Pb2+

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ampas tebu, nanokristal selulosa, ion timbal, adsorpsi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:33
Last Modified: 30 Mar 2023 04:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35732

Actions (login required)

View Item View Item