PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PENYALAGUNAAN DATA PRIBADI BERDASARKAN PASAL 26 AYAT (1) UNDANG-UNDANG NO 19 TAHUN 2016 PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NO 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

AIINNAYYAH, AL FATIHA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PENYALAGUNAAN DATA PRIBADI BERDASARKAN PASAL 26 AYAT (1) UNDANG-UNDANG NO 19 TAHUN 2016 PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NO 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL ILMIAH AIINNAYYAH FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap korban tindak pidana penyalahgunaan data pribadi berdasarkan Pasal 26 Ayat (1) Undang-Undang No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan mengumpulkan data dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum yaitu meliputi Perlindungan hukum mengajukan laporan kepada pihak keamanan dan memberikan keterangan sebagai saksi dalam proses penyidikan dan persidangan. dalam Perlindungan hukum perdata yaitu Korban dapat mengajukan gugatan perdata untuk mendapatkan ganti rugi atau kompensasi atas kerugian yang dideritanya. Dalam bentuk administratif yaitu Korban dapat mengajukan pengaduan kepada otoritas pemerintah yang berwenang untuk mendapatkan perlindungan, Bentuk PertanggungJawaban hukum Tindak pidana penyalahgunaan data pribadi dapat dijerat dengan hukuman pidana berupa denda atau penjara. Pelaku yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan data pribadi juga dapat dikenakan sanksi administratif dari pemerintah, misalnya denda atau pembekuan aktivitas usahanya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan hukum, Korban, Tindak Pidana Penyalagunaan Data Pribadi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:30
Last Modified: 30 Mar 2023 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35767

Actions (login required)

View Item View Item