FAKTOR PENENTU PREFERENSI KONSUMEN BUAH DURIAN DI KOTA MATARAM

SYAFIRA RIFALYA, PRATIWI (2023) FAKTOR PENENTU PREFERENSI KONSUMEN BUAH DURIAN DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
REVISI SKRIPSI FAKTOR PENENTU PREFERENSI KONSUMEN BUAH DURIAN DI KOTA MATARAM Untuk CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI FAKTOR PENENTU PREFERENSI KONSUMEN BUAH DURIAN DI KOTA MATARAM.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen durian di Kota Mataram, dan menganalisis atribut penentu terhadap preferensi konsumen buah durian di Kota Mataram. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif eksploratif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah preferensi konsumen terhadap atribut dan stimuli durian. Penentuan Daerah Penelitian dilakukan secara “Purposive Sampling” atau sengaja. Penelitian ini dilakukan di pemukiman Kecamatan Ampenan, Pemukiman Mataram, Pemukiman Selaparang dan Pemukiman Kecamatan Cakranegara. Penentuan jumlah responden dilakukan dengan metode “slovin” yaitu dengan menetapkan sebanyak 100 responden. dengan rincian 45 responden laki – laki dan 55 responden perempuan. Pemilihan responden dilakukan dengan metode “accidantal sampling” yang merupakan pengambilan jumlah sampel ditentukan berdasarkan urutan letak rumah yang ditemui secara kebetulan di setiap Kecamatan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan, diketahui bahwa karakteristik perilaku pembelian konsumen rumah tangga terhadap buah durian di Kota Mataram adalah konsumen cendrung melakukan pembelian durian yang berlokasi di Kota Tua Ampenan, dengan frekuensi pembelian dalam kurun waktu 2 minggu sekali, dengan jumlah 1-2 buah dalam setiap pembelian dan preferensi konsumen rumah tangga di Kota Mataram terhadap penilaian kombinasi atribut dan level atribut meliputi tekstur daging buah empuk, aroma harum atau wangi, jenis durian local berbentuk bulat, harga kurang dari Rp. 50 000/buah dan warna kulit hijau. Urutan preferensi konsumen atau atribut yang paling dipertimbangkan atau yang paling dianggap penting terhadap pembelian produk durian adalah pertama harga, kedua tekstur daging buah, ketiga jenis durian, keempat aroma, kelima bentuk buah, dan keenam warna kulit durian

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Preferensi Konsumen, Atribut, Durian, Kota Mataram
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:30
Last Modified: 30 Mar 2023 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35770

Actions (login required)

View Item View Item