IDENTIFIKASI LITOLOGI BAWAH PERMUKAAN BUMI SEBAGAI RESERVOAR PANAS BUMI DI KOMPLEKS PEGUNUNGAN DIENG MENGGUNAKAN METODE GAYA BERAT

RITA, SOPIANA (2023) IDENTIFIKASI LITOLOGI BAWAH PERMUKAAN BUMI SEBAGAI RESERVOAR PANAS BUMI DI KOMPLEKS PEGUNUNGAN DIENG MENGGUNAKAN METODE GAYA BERAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RITA SOPIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL RITA SOPIANA.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (758kB)

Abstract

Pegunungan Dieng merupakan gunungapi bertipe strato dengan lapangan solfatara dan fumarola serta banyak kawah (cone) yang secara administratif berada diwilayah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo Dan Kabupaten Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk identifikasi litologi bawah permukaan bumi di kawasan gunung Dieng sebagai reservoar panas bumi di pegunungan dieng. Daerah penelitian terletak di Jawa tengah, Pegunungan Dieng menggunakan data GGMplus ( Global Gravity Model Plus) yang berjumlah 17.545 titik ukur dengan jarak antar titiknya adalah 221 meter. Untuk pengolahan data terdiri dari koreksi data, pemisahan anomali dan pemodelan inversi 3D dan 2D. koreksi data yang dilakukan adalah koreksi Bouger dan koreksi medan untuk menghasilkan nilai anomali gayaberat total . upward continuation dilakukan untuk memisahkan anomali regional dan anomali residual. Pemodelan inversi 3D dilakukan dengan membuat model mesh dan untuk mendapatkan penampang 2D maka dilakukan slicing pada model 3D. Hasil dari model 3D dan penampang 2D yaitu terdapat 3 lapisan utama yang terdiri dari Lapisan kerak atas dengan densitas 1.98 gr/cm3 - 2.38 gr/cm3 tersususn oleh batu pasir, kerak tengah dengan range densitas 2.39 gr/cm3 - 2.78 gr/cm3 tersusun oleh batuan Granodiorit, serta kerak bawah dengan range densitas 2,79 gr/cm3 - 3.19 gr/cm3 tersusun oleh batuan Lava.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): identifikasi,pemodelan, reservoir panas bumi,Gunung Dieng.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:30
Last Modified: 30 Mar 2023 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35773

Actions (login required)

View Item View Item