ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH MANGGA DI KOTA MATARAM

Intan Resti, Maharani (2023) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH MANGGA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_INTAN RESTI MAHARANI_C1G019123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_INTAN RESTI MAHARANI_C1G0123.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) 1.Untuk mengkaji jenis buah dan atributatribut buah mangga yang menjadi preferensi atau kesukaan konsumen di Kota Mataram dan (2) Untuk mengkaji atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian buah mangga di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Menurut Nazir (1998) metode deskriptif. Penentuan daerah sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling atau sengaja memilih Kota Mataram, Kota Mataram dipilih sebagai lokasi penelitian. Jenis dan sumber data adalah data primer yang diperoleh dari responden dan data sekunder yang bersumber dari dinas/ instansi terkait. Pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling, Penentuan jumlah sampel konsumen ditentukan dengan teknik “quota sampling” sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa Buah mangga yang menjadi preferensi tertinggi konsumen di Pasar Kota Mataram adalah jenis mangga madu dengan jumlah 18 responden dengan atribut yang menjadi pilihan antaranya rasa manis, berukuran besar (2-4 buah/kg), berwarna hijau tua dan beraroma harum. Atribut yang menjadi pilihan diantaranya atribut rasa dengan preferensi tertinggi yaitu rasa manis dengan nilai ratarata keyakinan konsumen sebesar 4,63, nilai rata-rata evaluasi konsumen sebesar 4,86 dan nilai rata-rata sikap konsumen terhadap atribut buah mangga madu sebesar 22,50. Atribut yang menjadi pilihan kedua yaitu warna buah dengan preferensi tertinggi warna hijau tua dengan nilai rata- rata keyakinan konsumen sebesar 4,53, nilai rata-rata evaluasi konsumen sebesar 4,53 dan nilai rata-rata sikap konsumen terhadap atribut buah mangga berwarna hijau sebesar 20,52. Atribut yang menjadi pilihan ketiga yaitu aroma buah dengan preferensi tertinggi aroma harum dengan rata-rata keyakinan konsumen sebesar 4,33, nilai rata-rata evaluasi konsumen sebesar 4,43 dan nilai rata-rata sikap konsumen terhadap atribut aroma buah sebesar 19,18. Atribut yang kurang dipertimbangkan konsumen adalah ukuran buah dengan nilai rata-rata keyakinan konsumen sebesar 4,46, nilai rata-rata evaluasi konsumen sebesar 4,1 dan nilai rata-rata sikap konsumen terhadap atribut ukuran buah sebesar 18,28. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk produsen sebaiknya lebih mempertahankan dan meningkatkan kualitas rasa dari buah mangga yang dihasilkan karena atribut rasa buah merupakan atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih buah mangga dan pemasaran buah mangga sebaiknya lebih meningkatkan penyediaan buah mangga yang sesuai dengan preferensi konsumen, yaitu buah mangga yang mempunyai atribut rasa manis berukuran besar, mempunyai mempunyai warna kehijauan dan beraroma harum

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Preferensi Konsumen, Keputisan Pembelian, Atribut Buah Mangga, Keyakinan Konsumen, Evaluasi Konsumen Dan Sikap Konsumen
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:27
Last Modified: 30 Mar 2023 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35793

Actions (login required)

View Item View Item