NILAI PENDIDIKAN PADA CERITA RAKYAT “ CUPAK GURANTANG” SEBUAH KAJIAN OBJEKTIF DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH

MUZAYYANA, GINA (2014) NILAI PENDIDIKAN PADA CERITA RAKYAT “ CUPAK GURANTANG” SEBUAH KAJIAN OBJEKTIF DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI GINA.rtf

Download (70MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul “Nilai Pendidikan pada Cerita Rakyat “ Cupak Gurantang”Sebuah Kajian Objektif dan Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra Di Sekolah. Ada beberapa permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini antara lain : Menemukan rangkain permasalahan, menemukan nilai-nilai pendidikan, serta memperlihatkan hubungan nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Cupak Gurantang dengan pembelajaran sastra di sekolah. Beberapa metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yakni, pada tahap pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik pustaka dan teknik catat. Langkah pertama ialah melakukan pembacaan terhadap teks serta analisis unsur penokohan cerita rakyat Cupak Gurantang untuk mendapatkan permasalahan dan nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat tersebut, dilanjutkan dengan memperlihatkan hubungan nilai-nilai pendidikan tersebut dengan pembelajaran sastra di sekolah. Pada tahap analisis data peneliti menggunakan kajian objektif dipadukan dengan metode deskriptif. Pengidentifikasian masalah difokuskan pada unsur penokohan,menggunakan pendekatan objektif. Selanjutnya, permasalahan yang teridentifikasi dipilah dan dimasukkan ke dalam salah satu nilai pendidikan yang sesuai dengan jenis nilai pendidikan yang telah dipaparkan sebelumnya. Langkah terakhir yakni memperlihatkan hubungan antara nilai yang telah teridentifikasi dengan kurikulum ataupun perangkat pembelajaran di sekolah serta penyimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat teridentifikasi beberapa jenis nilai pendidikan diantaranya nilai pendidikan kesusilaan seperti rajin, sabar, jujur, tidak serakah dan berani. Nilai pendidikan ketuhanan seperti percaya pada kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa, memiliki rasa prikemanusiaan, bersikap jujur. Nilai pendidikan sosial seperti sopan santun, tolong menolong, balas budi, memaafkan, dan kesetiaan. Nilai pendidikan politik seperti menghargai pemimpin dan bijaksana. Nilai pendidikan ekonomi seperti hemat. Nilai pendidikan keindahan seperti bersih dan rapi. Dan nilai pendidikan keterampilan yakni cerdik. Nilai-nilai pendidikan yang telah teridentifikasi tersebut memiliki hubungan erat dengan pembelajaran sastra di sekolah. Hal ini terlihat dari hubungan antara nilai-nilai yang teridentifikasi dengan beberapa komponen seperti keselarasan nilai-nilai tersebut dengan kriteria pemilihan sastra sebagai bahan ajar,butir-butir pendidikan karakter,serta prangkat-prangkat pembelajaran sastra di sekolah. Akhirnya dapat simpulkan bahwasannya Cerita rakyat Cupak Gurantang memenuhi standar sastra dan layak digunakan sebagai salah satu materi penunjang dalam pembelajaran sastra di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pendidikan, Cerita Rakyat, Cupak Gurantang, dan Pembelajaran Sastra di Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 May 2018 07:06
Last Modified: 07 May 2018 07:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3581

Actions (login required)

View Item View Item