KEBERADAAN PASAL TINDAK PIDANA PENGHINAAN TERHADAP KEKUASAAN UMUM DAN LEMBAGA NEGARA YANG DIATUR DALAM PASAL 353-354 RANCANGAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA ( RKUHP )

Maya, Yusnevia (2023) KEBERADAAN PASAL TINDAK PIDANA PENGHINAAN TERHADAP KEKUASAAN UMUM DAN LEMBAGA NEGARA YANG DIATUR DALAM PASAL 353-354 RANCANGAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA ( RKUHP ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Maya Yusnevia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal Maya Yusnevia.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan tindak pidana penghinaan terhadap kekuasaan umum dan lembaga negara berdasarkan KUHP dan untuk mengetahui eksistensi penghinaan terhadap kekuasaan umum dan lembaga negara menurut RKUHP. Manfaat penilitian ini terdiri dari manfaat teoritis dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dan menggukanakan pendekatan perundang-undangan. Data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada versi tahun 2019, RKUHP mengalami kontroversi karena mendapat reaksi keras dari masyarakat sipil. proses perancangan dianggap tak transparan. Pemerintah dan DPR dalam waktu dekat berencana mengesahkan Rancangan Kitab Undangundang Hukum Pidana (RKUHP). Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) ini telah disahkan dalam rapat paripurna DPR RI pada hari Selasa 6 Desember 2022. Penghinaan terhadap pemerintah atau lembaga negara telah bergeser dan diatur dalam Pasal 240, dan Pasal 241 RKUHP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penghinaan, Kebebasan berekspresi, Otoritas publik, RKUHP
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:25
Last Modified: 30 Mar 2023 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35866

Actions (login required)

View Item View Item