THE RELEVANCE OF THE ENGLISH TEXTBOOK TO THE SYLLABUS OF CURRICULUM 2013 AT GRADE VIII SMP N 1 GUNUNGSARI IN ACADEMIC YEAR 2015/2016.

HARIYANTINA, ALFI (2017) THE RELEVANCE OF THE ENGLISH TEXTBOOK TO THE SYLLABUS OF CURRICULUM 2013 AT GRADE VIII SMP N 1 GUNUNGSARI IN ACADEMIC YEAR 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis relevansi materi dalam buku siswa "When English Rings a [sic] Bell" untuk kelas VIII SMP dengan silabus Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dari buku bahasa Inggris siswa "When Englsih Rings a [sic] Bell" kelas VIII SMP yang ditulis oleh tim penulis buku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis dan mengevaluasi kualitas buku bahasa Inggris berdasarkan titik pandang siswa untuk menemukan kelebihan dan kekurangan buku "When English Rings a [sic] Bell" ini . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 90, 32% materi dalam buku "When English Rings a [sic] Bell" relevan dengan silabus kurikulum 2013, dan hanya 9, 67% materi yang tidak relevan dengan silabus kurikulum 2013. Kekuatan buku ini adalah: desain yang menarik, jelas penggunaan, menyajikan kegiatan komunikatif, penggunaan bahasa yang mudah dipahami, tidak ada potret negatif, buku penuh warna, sesuai dengan tingkat bahasa siswa dan sesuai dengan kurikulum 2013. kelemahan buku ini adalah: tidak ada bahan tambahan seperti CD, kaset atau buku kerja, penerbit asing karena beberapa siswa tidak tahu Kemendikbud sebagai penerbit, ada beberapa materi di buku teks yang tidak relevan dengan silabus kurikulum 2013. dari temuan penelitian, peneliti menyarankan para penulis buku untuk meningkatkan dan mengembangkan materi dalam buku ini. Untuk pengguna buku, peneliti menyarankan mereka untuk mencari buku-buku lain sebagai sumber belajar tambahan untuk melengkapi materi dari buku ini. Peneliti juga berharap pemerintah memberikan guru dan siswa materi yang cukup untuk belajar dan mengevaluasi proses belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis isi, buku siswa, kurikulum 2013.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 07 May 2018 07:02
Last Modified: 07 May 2018 07:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3588

Actions (login required)

View Item View Item