PERBANDINGAN KLASIFIKASI PENYAKIT JANTUNG KORONER MENGGUNAKAN METODE REGRESI LOGISTIK BINER DAN CLASSIFICATION AND REGRESSION TREES (CART)

RESITA MIA, NOVIANA (2023) PERBANDINGAN KLASIFIKASI PENYAKIT JANTUNG KORONER MENGGUNAKAN METODE REGRESI LOGISTIK BINER DAN CLASSIFICATION AND REGRESSION TREES (CART). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RESITA MIA NOVIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_RESITA MIA NOVIANA.pdf.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit yang disebabkan oleh penyempitan dan penyumbatan pada pembuluh darah ateri koroner yang terdapat di jantung. Penyebab Penyakit Jantung Koroner (PJK) secara pasti belum diketahui, meskipun demikian terdapat beberapa faktor resiko penyebab seseorang mengidap PJK. Faktor resiko seorang mengidap PJK dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor resiko yang dapat diubah dan faktorresiko yang tidak dapat diubah. Mengigat PJK memiliki faktor resiko yang kompleks dengan resiko kematian yang tinggi, maka diperlukan solusi dari masalah tersebut dalam bentuk model matematis, yaitu metode klasifikasi. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi penyakit jantung koroner dengan metode klasifikasi. Metode klasifikasi yang digunakan adalah metode regresi logistik biner dan metode classification and regression trees (CART). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari data rekam medis pasien di Siloam Hospital Mataram pada tahun 2020 dengan variabel respon berskala kategorik (PJK dan NONPJK). Pengklasifikasian menggunakan regresi logistik biner menghasilkan ketepatan klasifikasi sebesar 91,01% dan terdapat tiga faktor yang berpengaruh, yaitu usia, obesitas dan diabetes. Sedangkan dengan menggunakan metode CART terdapat lima faktor yang berpengaruh yaitu usia, tekanan darah, obesitas, diabetes, dan dislipidemia dengan ketepatan klasifikasi sebesar 98,9%. Sehingga metode terbaik dalam melakukan klasifikasi faktor yang mempengaruhi penyakit jantung koroner adalah metode CART

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): CART, Klasifikasi, Penyakit Jantung Koroner, Regresi Logistik Biner
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:24
Last Modified: 30 Mar 2023 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35912

Actions (login required)

View Item View Item