STRATEGI PEMASARAN SAYURAN KANGKUNG LOMBOK PADA PASAR MODERN DI KOTA MATARAM

Muhammad, Azizurrohman (2023) STRATEGI PEMASARAN SAYURAN KANGKUNG LOMBOK PADA PASAR MODERN DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_M.Azizurrohman_Strategi Pemasaran Sayuran Kangkung Lombok Pada Pasar Modern Di Kota Mataram_0323.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
J_M.Azizurrohman_Strategi Pemasaran Sayuran Kangkung Lombok Pada Pasar Modern Di Kota Mataram_0323.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis faktor internal strategi (FIS) dan faktor eksternal strategi (FES) dalam pemasaran sayuran kangkung Lombok pada pasar modern di Kota Mataram, (2) Untuk menganalisis strategi pemasaran sayuran kangkung Lombok ke pasar modern di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah suplayer komoditi sayuran kangkung Lombok pada pasar modern. Penentuan daerah sampel dilakukan dengan “purposive sampling”, dan sebagai daerah sampel yaitu Kota Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor Internal Strategi (FIS) pada usaha kangkung Lombok adalah kekuatan dan kelemahan. Faktor kekuatan yaitu harga jual produk yang terjangkau, produk sebagai makanan khas, kualitas produk yang baik dan rasa produk. Sedangkan faktor kelemahan terdiri dari promosi yang masih kurang, perbedaan harga jual pada pasar modern dan pasar tradisional, penjualan masih didominasi dalam daerah, produk tidak tahan lama. Sedangkan Faktor Eksternal Strategi (FES) pada usaha kangkung Lombok adalah peluang dan ancaman. Faktor peluang yaitu permintaan pasar yang tinggi, pengiriman keluar daerah dan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi sayuran. Sedangkan faktor ancaman yaitu pesaing baru pada segmentasi pasar yang sama, banyak jenis sayuran lain dan persediaan stok dalam waktu tertentu. (2) Faktor internal dan faktor eksternal menunjukkan strategi S-O berada pada kuadran I yaitu strategi utama dalam pemasaran kangkung Lombok pada pasar modern di Kota Mataram adalah dengan mempertahankan kualitas kangkung dan memperluas pemasaran hingga ke luar daerah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi, Pemasaran, Kangkung
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:23
Last Modified: 30 Mar 2023 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35918

Actions (login required)

View Item View Item