STRATEGI GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS II SDN RATO TAHUN AJARAN 2022/2023

NUR, ANNISA (2023) STRATEGI GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS II SDN RATO TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NUR ANNISA (E1E218114).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NUR ANNISA (E1E218114).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar matematika siswa kelas II SDN Rato khususnya dalam menyelesaikan soal penjumlahan. Kesulitan siswa tersebut ditindaklanjuti dengan penerapan strategi guru untuk mengupayakan kesulitan menyelesaikan soal penjumlahan. Strategi dalam mengatasi permasalahan belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan faktor penyebab yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan kesulitan siswa kelas II dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan mendeskripsikan strategi guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas II. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah 10 orang, meliputi 9 siswa kelas II yang kesulitan dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan 1 dari guru kelas II SDN Rato tahun ajaran 2022/2023. Intrumen penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan tiagulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal penjumlahan, dari 17 siswa di kelas II terdapat 9 siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal penjumlahan. Dibuktikan dengan kesulitan memahami konsep penjumlahan, contoh siswa kesulitan terhadap dasardasar dari penjumlahan seperti siswa belum paham simbol penjumlahan (+), belum paham makna menggabungkan angka. Kesulitan menghitung penjumlahan, ditandai dengan sulit menjumlahkan bilangan yang besar, kesulitan menyelesaikan soal penjumlahan dalam bentuk pemecahan masalah cerita, contohnya pada saat siswa merasa sulit menentukan informasi yang terdapat pada soal (tidak bisa menuliskan apa yang diketahui), kesulitan menentukan langkah penyelesaian dari soal, kesulitan menentukan dan menghitung penjumlahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru mengatasi kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal penjumlahan pada siswa kelas II SDN Rato yaitu dengan menyesuaikan antara letak kesulitan dengan strategi seperti pemberian pengajaran remidial, motivasi belajar serta pembiasaan latihan soal penjumlahan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesulitan Belajar, Penjumlahan, Matematika SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:23
Last Modified: 30 Mar 2023 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35925

Actions (login required)

View Item View Item