ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT GERAKAN LITERASI BACA TULIS SISWA DI DESA WISATA MI NURUL ISLAM KUTA

ANDINI I, PUTR (2023) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT GERAKAN LITERASI BACA TULIS SISWA DI DESA WISATA MI NURUL ISLAM KUTA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas temuan berupa hambatan siswa dalam melaksanakan gerakan literasi baca tulis di MI Nurul Islam Kuta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi baca tulis siswa, mengetahui faktor internal dan eksternal penghambat gerakan literasi baca tulis siswa di MI Nurul Islam Kuta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sementara keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber dan teori. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan gerakan literasi baca tulis siswa di MI Nurul Islam Kuta menggunakan tahapan pembelajaran literasi program SAC (Semua Anak Cerdas) yaitu terdiri dari tahap kesiapan belajar siswa, tahap pembacaan cerita sebelum mulai pembelajaran, tahap pembelajaran literasi sesuai level, tahap simulasi kegiatan dan tahap refleksi. Faktor internal penghambat gerakan literasi baca tulis siswa di MI Nurul Islam Kuta berasal dari siswa dan guru. Faktor siswa datang dari rendahnya minat membaca yang menyebabkan ada 14 siswa baru mengenal huruf dan kurang bisa membedakan huruf. Faktor dari guru yaitu kurang pemahaman guru terkait tahapan pembelajaran literasi SAC, dan kesulitan dalam menyediakan media pembelajaran yang menarik, serta kesulitan dalam mendampingi siswa yang belum lancar membaca kerena keterbatasan waktu. Sementara faktor ekstenal penghambat gerakan literasi baca tulis siswa berasal dari faktor sarana dan prasarana seperti tidak tersedianya perpustakaan dan kurangnya bahan bacaan di sekolah, bantuan dana BOS yang masih belum maksimal dalam mengalokasikan kegiatan literasi, serta dukungan dari orang tua yang masih rendah seperti kurang memberikan bimbingan belajar di rumah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Faktor Penghambat, Gerakan Literasi Baca tulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:23
Last Modified: 30 Mar 2023 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35927

Actions (login required)

View Item View Item