PENGARUH JARAK KANDUNG KEMIH DAN JARAK REKTUM DARI APLIKATOR TERHADAP NILAI D2cc PADA PERENCANAAN BRAKITERAPI KANKER SERVIK

WINA DWI, MARIANTI (2023) PENGARUH JARAK KANDUNG KEMIH DAN JARAK REKTUM DARI APLIKATOR TERHADAP NILAI D2cc PADA PERENCANAAN BRAKITERAPI KANKER SERVIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DRAF SKRIPSI_WINA DWI MARIANTI_FIX_BANGET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL FIKS SKRIPSI WINA.pdf

Download (848kB) | Preview

Abstract

Pengobatan kanker servik menggunakan brakiterapi merupakan pengobatan paling efektif dikarenakan pada pengobatan ini memungkinkan pemberian dosis tertinggi radiasi pada tumor. Pada pengobatan brakiterapi memiliki resiko yang berbahaya untuk organ disekitar kanker yaitu organ kandung kemih dan organ rektum, untuk itu dilakukan penelitian tentang analisis pangaruh variasi jarak kandung kemih dan jarak rektum terhadap nilai D2cc. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui D2cc kandung kemih dan D2cc rektum pada perencanaan brakiterapi kanker servik di setiap jarak kedua organ dari aplikator serta untuk membuktikan terjadinya penurunan D2cc kandung kemih dan D2cc rektum akibat adanya pertambahan jarak dari aplikator. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan data primer hasil histogram parameter dari sistem Perencanaan pengobatan brakiterapi dengan sumber 60Co. Metode pengukuran yang digunakan yaitu penggunaan aplikator tabung intrauterine dan sepasang aplikator ovid kiri dan aplikator ovoid kanan pada saat pengambilan data. Hasil pengukuran D2cc pada organ kandung kemih dan organ rektum berturutturut didapatkan nilai D2cc kandung kemih sebesar 7,1 Gy, 5,3 Gy, 3,3 Gy, 1,7 Gy, 1,1 Gy, 1,0 Gy dan 0,9 Gy. Nilai D2cc untuk organ rektum berturut-turut didapatkan 4,1 Gy, 3,2 Gy, 1,8 Gy, 1,6 Gy, 1,1 Gy, 0,8 Gy dan 0,6 Gy. Hasil menunjukkan bahwa semakin jauh jarak organ kandung kemih dan organ rektum dari aplikator atau sumber radiasi maka semakin kecil D2cc yang akan didapatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Radiasi, Brakiterapi, D2cc, kanker Servik
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:23
Last Modified: 30 Mar 2023 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35930

Actions (login required)

View Item View Item