IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMAN 8 MATARAM

Ni Nyoman, Sugiartini (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMAN 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Ni Nyoman Sugiartini (E1A018066).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
2938-Article Text-14904-1-10-20230214.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Model treffinger memberikan kegiatan belajar dengan tiga tahapan yaitu basic tools, practice with process, dan working with real problem. Ketiga tahapan tersebut dapat membuat siswa terlibat secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran treffinger pada materi keanekaragaman hayati dengan bantuan media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMAN 8 Mataram. Jenis penelitian menggunakan Quasi Exsperimrntal Design dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada siswa X MIPA SMAN 8 Mataram yang terdiri dari 56 orang yakni siswa X MIA 3 (kelas eksperimen) dan kelas X MIA 5 (kelas control). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif siswa yang terdiri dari pretest dan posttest yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Lembar observasi afektif dan psikomotorik digunakan untuk mengukur aktivitas belajar siswa. Hasil analisis dilakukan dengan uji –t dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 4,976 lebih besar dari tTabel 2,048. Hasil analisis tersebut dapat dinyatakan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa berpengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar Biologi siswa di SMAN 8 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar Biologi, Keanekaragaman Hayati, Model Pembelajaran Treffinger
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:23
Last Modified: 30 Mar 2023 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35937

Actions (login required)

View Item View Item