AKIBAT HUKUM PEMBATALAN PERKAWINAN YANG DILAKUKAN OLEH WALI NIKAH YANG TIDAK SAH (Analisis Putusan Pengadilan Agama Nomor 381/Pdt.G/2016/PA.TTD)

PUTRI, ERNITA (2023) AKIBAT HUKUM PEMBATALAN PERKAWINAN YANG DILAKUKAN OLEH WALI NIKAH YANG TIDAK SAH (Analisis Putusan Pengadilan Agama Nomor 381/Pdt.G/2016/PA.TTD). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertimbangan hukum Majelis Hakim dalam memutus perkara pembatalan perkawinan dalam Putusan Pengadilan Agama Nomor 381/Pdt.G/2016/PA.TTD tentang Pembatalan perkawinan yang dilakukan oleh wali nikah yang tidak sah dan untuk mengetahui akibat hukum terhadap kedudukan anak setelah perkawinan dibatalkan berdasarkan hukum positif Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif merupakan penelitian hukum yang dikonsepkan sebagai apa yang tertulis dalam peraturan perundang-undangan (law in books), dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Majelis Hakim Pengadilan Agama Tebing Tinggi yang dalam putusannya menyatakan perkawinan antara Zulfirman dengan Haryati tidak sah karena bertentangan dengan Pasal 26 Ayat (1) dan (2) tentang perkawinan dapat dibatalkan apabila menggunakan wali nikah yang tidak sah. Pembatalan perkawinan tidak berlaku surut terhadap kedudukan anak, yakni status anak adalah tetap sebagai anak sah dari kedua orang tuanya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Putusan, Pembatalan Perkawinan, Kedudukan Anak
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2023 00:41
Last Modified: 03 Apr 2023 00:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35988

Actions (login required)

View Item View Item