MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT (PCP) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 PARADO

NURWA, LIDAH (2023) MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT (PCP) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 PARADO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURWALIDAH fix PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Model_Pembelajaran_Point_Counter_Point_PCP_Terhada.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Point Counter Point (PCP) merupakan model pembelajaran dengan teknik debat yang melibatkan peserta didik untuk beradu argumen dalam mendiskusikan sebuah masalah yang dilihat dari berbagai sudut pandang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar biologi peserta didik pada penggunaan model pembelajaran Point Counter Point (PCP) di SMAN 1 Parado dan pengaruh penggunaan model pembelajaran Point Counter Point (PCP) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Parado pada pokok bahasan keanekaragaman hayati. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian prettes –posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan data yang dikumpulkan adalah aktivitas belajar dan skor hasil belajar kognitif. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji test independen sampel test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian memperoleh nilai sig. (p) = 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Point Counter Point (PCP) dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik SMAN 1 Parado pada mata pelajaran biologi dengan nilai rata-rata sebesar 81, 17% serta penggunaaan model pembelajaran Point Counter Point (PCP) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMAN 1 Parado pada mata pelajaran biologi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Point Counter Point, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:42
Last Modified: 03 Apr 2023 05:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35993

Actions (login required)

View Item View Item