PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 22 MANGGELEWA TAHUN AJARAN 2022/2023

RAHMA, WATI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 22 MANGGELEWA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RAHMAWATI_E1E218130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Rahmawati_E1E2E18130.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar IPS peserta didik di kelas V SDN 22 Manggelewa tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar IPS peserta didik. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPS peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran probing prompting. Ratarata nilai post-test yang diperoleh kelas eksperimen yaitu sebesar 87,08, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 81,4. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dua pihak menggunakan rumus polled varians dan independent sample t-test. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel yaitu sebesar 3,355 > 2,010 pada taraf signifikansi 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yaitu jika thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar IPS peserta didik di kelas V SDN 22 Manggelewa tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran, Probing Prompting, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Apr 2023 15:44
Last Modified: 04 Apr 2023 15:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36001

Actions (login required)

View Item View Item