PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Indah, Permatasari (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Indah Permatasari (E1M018039).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Indah Permatasari (E1M018039).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnosains yang layak (valid, praktis dan efektif) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model penelitian 4-D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tingkat kevalidan LKPD berbasis etnosains yang divalidasi oleh 3 validator ahli memperoleh nilai V sebesar 0,79 dengan kategori valid. Tingkat kepraktisan LKPD memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnosains dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa ditunjukkan dengan hasil analisis N-Gain score sebesar 0,62 dengan persentase 62% kategori sedang dan cukup efektif. Sedangkan untuk setiap butir aspek keterampilan berpikir kreatif didapatkan nilai untuk aspek kelancaran (fluency), aspek kerincian (elaborasi), keluwesan (flexibilitas) dan aspek keaslian (originality) dengan rata-rata N-Gain score berturut-turut sebesar 0,67, 0,58, 0,63, dan 0,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis etnosains mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan, LKPD, etnosains, berpikir kreatif, hidrokarbon
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Apr 2023 15:44
Last Modified: 04 Apr 2023 15:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36003

Actions (login required)

View Item View Item