IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI PANDA KABUPATEN BIMA TAHUN AJARAN 2022/2023

ST. Rahmatia, Putri IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI PANDA KABUPATEN BIMA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi ST. Rahmatia Putri (E1E218158).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal ST. Rahmatia Putri (E1E218158).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri Panda Kabupaten Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu SD Negeri Panda, dengan narasumber antara lain kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang ditanamkan melalui budaya sekolah terintegrasi dalam berbagai kegiatan 1) kegiatan rutin yang dilakukan warga sekolah secara terus-menerus dan konsisten melalui kegiatan setiap hari, satu minggu sekali, satu bulan sekali maupun satu tahun sekali. Kegiatan rutin yang dilaksanakan di SD Negeri Panda, antara lain: merayakan hari-hari besar keagamaan; memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk melaksanakan ibadah; larangan membawa fasilitas komunikasi; membiasakan warga sekolah untuk berdisiplin; menegakkan aturan dengan memberikan sanksi secara adil bagi pelanggar tata tertib sekolah; upacara rutin dan upacara hari-hari besar nasional; menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar; gerakan literasi sekolah, pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan, melaksanakan piket kelas; Jumat bersih; melakukan infaq; serta membuat laporan setiap kegiatan. Kegiatan tersebut secara keseluruhan telah berjalan dengan optimal; 2) kegiatan spontan dilakukan oleh guru maupun siswa pada saat itu tanpa direncanakan; 3) kegiatan pengkondisian diciptakan untuk mendukung keterlaksanaan pendidikan karakter di sekolah baik secara fisik maupun nonfisik; serta 4) keteladanan ditunjukkan oleh guru maupun siswa dengan memberikan contoh sikap dan perilaku yang baik di sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Apr 2023 15:44
Last Modified: 04 Apr 2023 15:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36011

Actions (login required)

View Item View Item