PROFIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA PADA KELAS VIII SISWA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

Ahmad, Badawi (2023) PROFIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA PADA KELAS VIII SISWA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
02. 2022_08_07_ ahmad badawi_sidangi skripsi fix (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
badawi _ Jurnal Griya.docx.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita kelas VIII di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas dan seluruh siswa kelas VIII Tunagrahita di SLBN 1 Mataram. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat tiga tema besar yaitu standarisasi isi, kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran yaitu kurikulum 2013 disesuaikan dengan Peraturan Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 10/D/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Pedoman Implementasi Kurikulu 2013 Pendidikan Khusus. Dari standar proses, guru menggunakan metode pembelajaran ceramah diselingi bermain, proses pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Mataram membutuhkan suatu pola tersendiri sesuai dengan kebutuhan siswanya masing-masing yaitu jika ada materi yang belum difahami oleh siswa maka guru menjelaskan berulang-ulang secara klasikal dan melakukan pendekatan individual. Pada saat emosi siswa tiba-tiba datang ditengah pembelajaran maka disini guru mengistirahtkan pembelajaran sejenak sekita 5-10 menit lalu membuat suatu permainan yang ada hadiahnya kemudian melanjutkan pembelajarannya. Adapun kendala yang dialami guru secara yaitu IQ anak tunagrahita yang lemah sehingga membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menjelaskan berulang-ulang. Dari standar penilaian, siswa yang dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran, jika mampu mencapai hasil belajar dengan minimal batas KKM 70

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran matematika, Tunagrahita, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:22
Last Modified: 06 Apr 2023 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36026

Actions (login required)

View Item View Item