PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN MATRIKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SAINS 1 SMA NEGERI 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017

ROSALINA, SITI (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN MATRIKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SAINS 1 SMA NEGERI 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi SITI ROSALINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI Sains 1 SMA Negeri 1 Lembar tahun ajaran 2016/2017 pada pembelajaran matriks melalui penerapan model discovery learning dengan metode diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua sisklus dan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evalusi serta refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi tiap akhir siklus. Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa, dimana pada siklus I pertemuan pertama dan kedua skor aktivitas belajar siwa berturut-turut 10,32 dan 11,97 yang masing-masing berkategori cukup aktif dan aktif. Sedangkan pada pertemuan pertama dan kedua pada siklus II, skor aktivitas siswa adalah 11,32 dan 13,67 yang masing-masing berkategori aktif dan sangat aktif. Dengan demikian, terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata hasil evaluasi pada siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut adalah 77,89 dan 83,33 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 70,37% dan 88,88%. Dengan melihat prestasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disimpukan bahwa penerapan model discovery learning dengan metode diskusi kelompok pada pembelajaran matriks dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI Sains 1 SMA Negeri 1 Lembar tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): discovery learning, diskusi kelompok, aktivitas belajar, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 May 2018 06:58
Last Modified: 07 May 2018 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3605

Actions (login required)

View Item View Item