INTERPRETASI HASIL UJI CBR UNTUK MENENTUKAN PANJANG DAN PROSENTASE SERAT PLASTIK OPTIMUM PADA STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN TRASS DAN LIMBAH ASETILEN

Pujiastuti, Heni and Ngudiyono, Ngudiyono (2014) INTERPRETASI HASIL UJI CBR UNTUK MENENTUKAN PANJANG DAN PROSENTASE SERAT PLASTIK OPTIMUM PADA STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN TRASS DAN LIMBAH ASETILEN. In: Prosiding SNaPP2014 Sains, Teknologi, dan Kesehatan, 26 Oktober 2014, Bandung.

[img]
Preview
Text
INTERPRETASI HASIL UJI CBR UNTUK MENENTUKAN PANJANG .pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
pdf

Download (15kB)

Abstract

Pada pembangunan struktur jalan, subgrade perlu mendapat perhatian serius, karena mempengaruhi kondisi struktur jalan diatasnya. Sifat kembang susut yang relatif tinggi pada subgrade tanah lempung ekspansif merupakan salah satu penyebab kerusakan jalan di Indonesia. Oleh karena itu tanah lempung perlu distabilisasi sebelum digunakan untuk subgrade jalan. Untuk mengetahui panjang serat optimum dan prosentase serat plastik optimum sebagai bahan inklusi pada stabilisasi tanah lempung dengan campuran 15% trass dan 5% limbah asetilen dilakukan pengujian eksperimen di Laboratorium Geoteknik Universitas Muhammadiyah Mataram dan Laboratorium Struktur Universitas Mataram. Secara garis besar pengujian dilakukan sebagai berikut: tanah lempung diambil dari Tanak Awu, Lombok Tengah, trass diambil dari Punikan, Lombok Barat, Limbah asetilen diambil dari Getap Mataram NTB, serat plastik berasal dari bekas kemasan air mineral jenis polypropilene dengan variasi panjang 5mm, 10mm, 15mm, 20mm, 25 mm, lebar 5mm dan prosentase 0%, 0,5%, 1%, 1,5%, 2% dari berat keringnya,kemudian diuji CBR unsoeked. Hasil penelitian menunjukkan panjang optimum serat sebesar 20mm dan prosentase optimum serat sebesar 1% dari berat keringnya mampu meningkatkan nilai berat volume kering maksimum ( dry maks ) sebesar 8,4%,nilai CBR sebesar 77,78%, dan nilai modulus secant meningkat sebesar 173,75 Mpa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords (Kata Kunci): Lempung ekspansif, stabilisasi, serat palstik, polypropilene, CBR
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Dr Ngudiyono ST, MT
Date Deposited: 12 Apr 2023 00:25
Last Modified: 12 Apr 2023 00:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36081

Actions (login required)

View Item View Item