ANALISIS KELAYAKAN USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG DI DESA PERIAN KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Baiq Widia, Apriliani (2023) ANALISIS KELAYAKAN USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG DI DESA PERIAN KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ WIDIA APRILIANI C1G017041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL BAIQ WIDIA APRILIANI C1G017041.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya dan pendapatan, kelayakan usaha dan kendala yang dihadapi usaha ternak sapi potong di Desa Perian Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik penentuan daerah penelitian yaitu purposive sampling dan teknik penentuan sampel responden menggunakan metode Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik survei langsung pada responden penelitian. Variabel yang diukur meliputi biaya produksi, penerimaan, pendapatan dan kelayakan usaha dari aspek finansial. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan analisis biaya dan pendapatan, analisis kelayakan uaha dan analisis kendala. Hasil penelitian yang terdiri dari gambaran umum daerah penelitian meliputi kondisi geografis dan luas wilayah, keadaan iklim dan curah hujan, keadaan penduduk, dan populasi ternak sapi di dapatkan dari sintesis data sekunder, sedangkan identitas responden didapatkan dari hasil penelitian langsung dengan responden meliputi, umur responden, jumlah tanggungan, tingkat pendidikan, pengalaman beternak, dan status pekerjaan. Hasil penelitian pada usaha peternakan sapi potong di Desa Perian Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur, menguntungkan untuk diusahakan secara ekonomi dan berkelanjutan. Rata-rata pendapatan kotor atau penerimaan usaha peternakan sapi potong dari tahun 2017-2021 adalah Rp 22.389.333 per tahun dengan rata-rata ternak terjual sebanyak 2 ekor pertahun, total biaya produksi sebesar Rp 20.465.523 per tahun sehingga didapatkan pendapatan bersih dari tahun 2017-2021 rata-rata sebesar Rp 2.081.081 per tahun. Kelayakan usaha pada nilai NPV sebesar Rp. 4.642.018, IRR sebesar 40,72 % net B/C sebesar 2,29 dan payback period sebesar 2,51. Kendala yang dihadapi pada usaha peternakan sapi potong di Desa Perian Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur adalah keterbatasan pakan dan keterbatasan modal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Usaha Peternakan Sapi Potong, Kelayakan Usaha, Desa Perian Kecamatan Montong Gading Lombok Timur
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Apr 2023 05:13
Last Modified: 11 Apr 2023 05:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36130

Actions (login required)

View Item View Item