ANALISIS KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP TIONGKOK DI ERA PEMERINTAHAN DONALD TRUMP (STUDI KASUS: KENAIKAN TARIF PAJAK PRODUK ASAL TIONGKOK)

ALFIAN ADI, SAPUTRA (2023) ANALISIS KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP TIONGKOK DI ERA PEMERINTAHAN DONALD TRUMP (STUDI KASUS: KENAIKAN TARIF PAJAK PRODUK ASAL TIONGKOK). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Alfian Adi Saputra_L1A017016_HI Unram.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan luar negeri Amerika Serikat terhadap Tiongkok di era pemerintahan Donald Trump dalam kasus kenaikan tarif pajak produk asal Tiongkok. Untuk membantu menganalisis permasalahan dalam penelitian, penulis menggunakan Teori Neo-Merkantilisme dan Teori Politik Luar Negeri (Internal-External Setting). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kenaikan tarif pajak produk asal Tiongkok merupakan bentuk kebijakan proteksionisme ekonomi yang diterapkan oleh pemerintah Amerika Serikat di era Donald Trump sebagai upaya untuk melindungi industri produk dalam negerinya. Ada beberapa faktor yang mendorong Donald Trump untuk mengeluarkan kebijakan ini diantaranya faktor internal mengacu pada kondisi pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang mengalami penurunan, defisit perdagangan Amerika Serikat terhadap Tiongkok, dan pengalaman Donald Trump sebagai seorang pengusaha. Selain itu, terdapat juga struktur dan perilaku sosial yang mempengaruhinya yakni Donald Trump yang berasal dari Partai Republik dan keinginan Amerika Serikat untuk merubah kebijakan ekonomi Tiongkok. Kemudian faktor eksternal, mengacu pada tingginya nilai ekspor Tiongkok di Amerika Serikat, meningkatnya pengaruh dan dominasi Tiongkok di tingkat global, dan pencurian hak atas kekayaan intelektual (HaKI) Amerika Serikat oleh perusahaan Tiongkok.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kebijakan Luar Negeri, Amerika Serikat, Tiongkok, Donald Trump, Kenaikan Tarif
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:41
Last Modified: 11 Apr 2023 04:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36132

Actions (login required)

View Item View Item