PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-H SMPN 9 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

JAUHAIRYAH, SITI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-H SMPN 9 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SITI JAUHAIRYAH SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 9 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran Aritmetika Sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana pada tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode penemuan terbimbing. Adapun masing-masing siklus terdiri dari atas dua pertemuan. Data aktivitas belajar siswa diambil menggunakan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diambil menggunakan tes evaluasi yang diberikan pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan pertama siklus I tergolong kurang aktif sedangkan pertemuan kedua siklus I aktivitas siswa berkategori aktif. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas siswa berkategori aktif sedangkan pertemuan kedua siklus II sangat aktif dengan skor aktivitas siswa berturut-turut adalah 9,33; 11,34; 13,00; 15,33. Dengan demikian, terdapat peningkatan aktivitas siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa rata-rata hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 72,10 dan 80,29 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 64,52% dan 87,10%. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus I ke siklus II, baik dari segi aktivitas belajar siswa maupun dari hasil belajar siswa bahwa terjadi paningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode penemuan terbimbing pada pembelajaran Aritmetika Sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 9 Mataram tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 May 2018 06:58
Last Modified: 07 May 2018 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item