STUDENTS’ PERCEPTIONS ON THE LECTURERS’ TECHNIQUES TO ENGAGE STUDENTS IN THE TEACHING OF SPEAKING CLASS: A CASE STUDY AT FKIP UNRAM

SITORESMI, SITORESMI (2017) STUDENTS’ PERCEPTIONS ON THE LECTURERS’ TECHNIQUES TO ENGAGE STUDENTS IN THE TEACHING OF SPEAKING CLASS: A CASE STUDY AT FKIP UNRAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
jurnal q.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi mahasiswa terhadap teknik dosen dalam melibatkan siswa di pengajaran kelas berbicara. Subyek penelitian ini adalah lima puluh (50) siswa Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram yang dipilih dari semester 5, 7, dan 9. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket sebagai instrumen. Close and Open Ended Question digunakan untuk mendapatkan informasi tentang 'persepsi mahasiswa terhadap teknik dosen dalam melibatkan siswa di pengajaran kelas berbicara. Close Ended Question terdiri dari sebelas item dengan enam pertanyaan di setiap item dan Open Ended Question terdiri dari empat item pertanyaan. Tujuan dari penggunaan Close Ended Question untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pengaruh teknik pengajaran dosen dalam pengajaran berbicara terhadap keterlibatan siswa di dalam kelas dan pertanyaan ini direspon menggunakan skala Likert yang diurutkan dari sangat setuju sampai sangat tidak setuju. Selain itu, Open Ended Question diaplikasikan untuk memperoleh jawaban berdasarkan pengalaman mahasiswa tentang jenis-jenis teknik pengajaran dosen dalam kelas berbicara yang dapat memotivasi mahasiswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris di kelas. Kemudian, data yang diperoleh dari angket ditabulasi dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden percaya bahwa teknik yang digunakan oleh dosen di kelas berbicara dapat melibatkan mereka untuk berlatih berbicara bahasa Inggris dan berpartisipasi dalam kelas, jika teknik yang diaplikasikan lebih melibatkan mahasiswa atau berbasis mahasiswa. Selain itu, sebagian besar responden menyatakan ada delapan teknik pengajaran yang dapat memotivasi mereka dalam berbicara bahasa Inggris dan melakukan partisipasi lisan di kelas. Teknik-teknik tersebut yaitu monologue presentation, role play, brainstorming, games, interview, discussion, story telling dan report. Namun, para responden merasa bahwa pengaplikasian debate dan work in pairs tidak memotivasi dan mendorong mereka untuk melakukan partisipasi lisan di dalam kelas berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi mahasiswa, Teknik-teknik dosen, Pelibatan, Kelas Berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 May 2018 06:57
Last Modified: 07 May 2018 06:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3628

Actions (login required)

View Item View Item