Analisis komunitas bakteri rhizosfer tanaman teh pada pembenihan menggunakan teknik terminal restriction fragment length polymorphism (TRFLP)

Susilowati, Dwi Ningsih and Fauziah, Fani and Setiawati, Mieke Rochimi and Pranoto, Eko and Hidayati, Ernin and Setyowati, Mamik and Rachmiati, Yati (2016) Analisis komunitas bakteri rhizosfer tanaman teh pada pembenihan menggunakan teknik terminal restriction fragment length polymorphism (TRFLP). Jurnal Penelitian Teh dan Kina, 19 (2). pp. 147-156. ISSN 2527-2942

[img]
Preview
Text
Lamp B1-6 -combine Analisis TRFLP 114-Article Text-608-1-10-20170220.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://tcrjournal.com/index.php/tcrj/article/view...

Abstract

Bio-imunizer dengan bahan aktif bakteri Chryseobacterium sp. dan Bacillus sp. telah dikembangkan di PPTK Gambung. Bio-imunizer tersebut berpengaruh positif terhadap pertumbuhan tanaman teh serta berpotensi meningkatkan ketahanan tanaman teh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bakteri dalam Bio-imunizer terhadap komunitas bakteri rhizosfer serta konsistensi keberadaannya setelah diaplikasikan pada tanaman teh pada tahap pembenihan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Terminal Restriction Fragment Length Polymorphism dengan pendekatan metagenom dan pengkulturan. Analisis dilakukan terhadap nilai kelimpahan relatif, indeks keragaman Shannon (H’), indeks kemerataan Pielou's (E’), dan indeks dominansi Simpson. Berdasarkan profil T-RF komunitas bakteri rhizosfer yang dihasilkan menunjukkan bahwa Chryseobacterium sp. dan Bacillus sp. yang merupakan bahan aktif Bio-imunizer tetap konsisten ditemukan pada rhizosfer tanaman teh. Aplikasi Bio-imunizer dapat meningkatkan keragaman komunitas bakteri rhizosfer tanpa mempengaruhi komunitas bakteri awal yang sudah ada.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): tanaman teh, bakteri rhizosfer, Bio-imunizer, T-RFLP
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr. ERNIN HIDAYATI
Date Deposited: 14 Apr 2023 13:56
Last Modified: 16 Apr 2023 00:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36403

Actions (login required)

View Item View Item