KAJIAN POTENSI TUMBUHAN OBAT PADA HUTAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN METODE ETNOEKOLOGI DI DESA KARANG SIDEMEN, LOMBOK TENGAH

Latifah, Sitti and Aji, Irwan Mahakam Lesmono and Valentino, Niechi and Setiawan, Budhy (2022) KAJIAN POTENSI TUMBUHAN OBAT PADA HUTAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN METODE ETNOEKOLOGI DI DESA KARANG SIDEMEN, LOMBOK TENGAH. LPPM Unram, Mataram. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Laporan Hasil Penelitian)
laporan1972092319951220013339647132.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://unram.sgp1.digitaloceanspaces.com/simlitab...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dasar keanekaragaman dan persebaran tumbuhan obat pada empat unit pengelolaan lahan berbasis masyarakat di desa Karang Sidemen. Penelitian mengenai persebaran tumbuhan obat penting untuk dilakukan karena data ini diperlukan untuk peningkatan pengetahuan masyarakat secara luas tentang kekayaan alam yang ada di sekitar mereka, sehingga tumbuhan obat dapat dimanfaatkan dengan lebih baik dan tetap terjaga kelestariannya. Selain itu sebagai rekomendasi untuk pemerintah desa dalam mengembangkan kelembagaan hutan kemasyarakatan yang lebih produktif dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Manfaat jangka pendek yang didapat melalui penelitian ini adalah penyediaan informasi mengenai status kelimpahan dan keanekaragaman hayati tumbuhan obat-obatan untuk pihak pengelola menjadi sangat penting karena dapat dijadikan dasar bagi pengembangan rencana program-program pengelolaan lahan yang berbasis agroforestri dan peningkatan pendapatan untuk masyarakat yang terlibat didalamnya. Sementara untuk jangka panjang, hasil analisis ini yang dielaborasikan dengan analisis kerentanan sosial ekonomi di tingkat masyarakat akan mendorong terjadinya perubahan dalam skala lanskap, sehingga didapatkan model pengelolaan lahan berbasis agroforestri yang memiliki resiliensi/ketangguhan/daya lenting (resilience) lahan dan masyarakat terhadap variabilitas ekologi-sosial. Output atau luaran penelitian yang diharapkan dari penelitian ini adalah luaran wajib berupa artikel ilmiah yang dimuat pada jurnal (Accepted pada jurnal nasional ber-ISSN). Sementara outcome yang diharapkan dari penelitian ini adalah pengelola dan masyarakat tergerak untuk memperbaiki kebijakan dan uji coba terkait pola pengelolaan lahan sehingga semakin banyak lahan yang memiliki ketangguhan optimal dalam menghadapi perubahan iklim ataupun bencana.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Tumbuhan Obat, Etnoekologi, Karang Sidemen
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Dr. Sitti Latifah
Date Deposited: 16 Apr 2023 00:58
Last Modified: 16 Apr 2023 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36549

Actions (login required)

View Item View Item