TINJAUAN YURIDIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM (PMH) AKIBAT PERKAWINAN KEDUA TANPA IZIN (Studi Putusan Nomor 28/PDT.G/2022/PN. MTR)

MIA, AGUSTINA (2023) TINJAUAN YURIDIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM (PMH) AKIBAT PERKAWINAN KEDUA TANPA IZIN (Studi Putusan Nomor 28/PDT.G/2022/PN. MTR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Mia Agustina D1A019352 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Mia Agustina Jurnal Ilmiah.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Tinjauan Yuridis Perbuatan Melawan Hukum (PMH) Akibat Perkawinan Kedua yang Tanpa Izin (Studi Putusan Nomor 28/Pdt.G/2022/PN.Mtr). Permasalahan yang terdapat dalam perkara yaitu perkawinan poligami yang dilakukan oleh suami melanggar aturan hukum yang ada, yaitu Undang-Undang Perkawinan dan juga melanggar Hukum Adat yang berlaku. Penelitian Ini menggunakan jenis penelitian normatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akibat hukum dari Perbuatan Melawan Hukum (PMH) perkawinan kedua tanpa izin yaitu perkawinan tersebut dinyatakan tidak sah, sehingga perkawinan kedua yang dilakukan sang suami dianggap tidak pernah terjadi. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa perkawinan poligami tanpa izin merupakan perbuatan yang melanggar hukum, namun jika mengakibatkan kerugian kepada salah satu pihak maka perbuatannya adalah perbuatan melawan hukum (PMH).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkawinan kedua, Perbuatan, Melawan Hukum (PMH), dan tanpa izin.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:57
Last Modified: 17 Apr 2023 02:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36672

Actions (login required)

View Item View Item