ZAHERA, EVA (2017) ANALISIS TINGKAT MELEK STATISTIK SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Eva Zahera (E1R013008).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai tingkat melek statistik siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 281 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 45 orang siswa atau 15% dari jumlah populasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis yang terdiri dari soal pilihan ganda dan uraian. Pengambilan data dilakukan di MTs Negeri 1 Mataram selama satu hari pada tanggal 14 Juni 2017. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 40% siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram berada pada kategori rendah. Kemudian, 31,11% berada pada kategori sangat rendah, 28,89% berada pada kategori tinggi dan 0% atau tidak ada satupun dari mereka dikategorikan pada tingkat melek statistik yang sangat tinggi. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 didominasi oleh tingkat melek statistik yang rendah. Tingkat melek statistik yang rendah tersebut didukung oleh rendahnya kemampua siswa dalam membaca data statistik, kemudian sangat rendahnya kemampuan siswa dalam menafsirkan dan mengomunikasikan data dan informasi statistik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | statistik, melek statistik, tingkat melek statistik |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 16 May 2018 06:07 |
Last Modified: | 16 May 2018 06:07 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3669 |
Actions (login required)
View Item |