Revisi dan Implementasi Panduan Rotasi Klinik (Logbook)-Studi Kasus dalam Pendidikan Klinik di FK Universitas Mataram

Sari, Dian Puspita and Susani, Yoga Pamungkas (2019) Revisi dan Implementasi Panduan Rotasi Klinik (Logbook)-Studi Kasus dalam Pendidikan Klinik di FK Universitas Mataram. Jurnal Kedokteran Unram, 8 (3). pp. 18-23. ISSN 2301-5977

[img]
Preview
Text
Artikel 3.pdf

Download (126kB) | Preview
Official URL: http://jku.unram.ac.id

Abstract

Latar belakang: Panduan rotasi klinik (logbook) dalam pendidikan klinik sangat penting untuk memberikan struktur dan fokus kegiatan belajar mengajar baik bagi mahasiswa maupun dosen klinik. Implementasi pendidikan klinik sendiri banyak menghadapi tantangan, namun demikian permasalahan dan tantangan pada masing-masing fakultas kedokteran berbeda-beda. Fakultas Kedokteran UNRAM (FK UNRAM) yang baru berusia 13 tahun ini tentu memiliki tantangan tersendiri. Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dan tantangan yang dihadapi selama proses revisi dan implementasi panduan. Metode: Studi kasus dilaksanakan dengan pencatatan selama proses revisi dan implementasi kurikulum. Analisis dilakukan dengan melakukan refleksi terhadap proses revisi yang berjalan. Hasil: Sebelum proses revisi, 10 dari 13 bagian klinik telah memiliki panduan. Namun permasalahan utama yang dihadapi adalah belum adanya keseragaman persepsi tentang panduan rotasi klinik dan isinya. Proses revisi diawali dengan sosialisasi untuk membangun komitmen bersama. Jajaran pimpinan FK UNRAM berkontribusi penting dalam menggalang komitmen serta memberikan dukungan terhadap proses revisi yang dipimpin oleh Medical Education Unit (MEU). Melalui konsolidasi internal MEU mengembangkan format panduan yang akan digunakan. MEU memberi pendampingan kepada bagian klinik hingga rancangan panduan baru disepakati kemudian disahkan. Sebelum implementasi, sosialisasi terhadap dosen klinik maupun mahasiswa dilakukan untuk memastikan kelancaran implementasi. Bagian juga difasilitasi oleh MEU untuk mendapatkan pelatihan bagi pembimbing klinik. Kesimpulan: Revisi panduan rotasi klinik pada dasarnya adalah mengubah sistem dan kurikulum pendidikan klinik. Resistensi pembimbing klinik, ketidakseragaman persepsi mengenai panduan, metode pembelajaran dan penilaian yang digunakan merupakan tantangan yang dihadapi. Komitmen bersama bagian klinik, keterlibatan dan dukungan jajaran pimpinan, pelibatan aktif klinisi dalam pengambilan keputusan, serta sosialisasi panduan kepada seluruh pihak yang akan terlibat mendukung keberhasilan proses ini.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): panduan rotasi klinik, logbook, pendidikan klinik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Dr. dr. Yoga Pamungkas Susani , M.Med.Ed., Sp. KL., Subspesies. P
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:03
Last Modified: 18 Apr 2023 04:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36697

Actions (login required)

View Item View Item