ANALISIS KUALITIAS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 UNTUK SM/MA KELAS X: STUDI KOMPARASI TERBITAN PEMERINTAH DAN PENERBIT SWASTA (BUMI AKSARA)

Siti Rahmah, Siti Rahmah (2017) ANALISIS KUALITIAS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 UNTUK SM/MA KELAS X: STUDI KOMPARASI TERBITAN PEMERINTAH DAN PENERBIT SWASTA (BUMI AKSARA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
5 JURNAL SITI RAHMAH E1C112116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img]
Preview
Text
5 JURNAL SITI RAHMAH E1C112116.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Masalah utama yang dikaji pada penelitian ini adalah analisis kualitas buku teks Bahasa Indonesia kurikulum 2013 untuk SMA/MA Kelas X: Studi komparasi terbitan Pemerintah dan penerbit swasta (Bumi Aksara). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia (BTBI) kelas X terbitan Kemendikbud dan mendeskripsikan kualitas BTBI kelas X terbitan Bumi Aksara serta mendeskripsikan perbandingan kualitas kedua BTBI tersebut. Mengingat penelitian ini adalah studi pustaka, maka metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Kemudian dilanjutkan dengan metode dokumentasi. Setelah metode dokumentasi, dilanjutkan dengan teknik catat, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif komparatif. Kriteria yang dinilai adalah berdasarkan ketentuan dari BSNP, yaitu dilihat dari kualitas isi, bahasa, penyajian, dan tampilan atau kegrafikan. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui beberapa hal: Pertama dari segi isi pada komponen kesesuaian materi dengan KI/KD buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemendikbud dapat dikatakan memiliki kualitas yang sesuai. Perolehan untuk kualifikasi lengkap sebanyak 15 KD dengan persentase 83,33%. Sementara itu buku teks bahasa Indonesia terbitan Bumi Aksara pada komponen kesesuaian materi dengan KI/KD buku teks bahasa Indonesia dapat dikatakan memiliki kualitas yang sesuai Perolehan untuk kualifikasi lengkap sebanyak 17 KD dengan persentase 94,44%. Pada aspek keaktualan materi dilihat dari bahan bacaan dan daftar pustaka, kedua buku teks bahasa Indonesia tersebut mendapat status tidak aktual dengan persentase 23,08% dan 75%. Pada aspek keakuratan materi kedua buku teks bahasa Indonesia mendapat status cermat. Kedua, dilihat dari kualitas bahasa, terdapat dua aspek penilaian. Kedua buku teks bahasa Indonesia tersebut dilihat dari kualitas bahasanya, terdapat tiga aspek yang dinilai. Pertama aspek ketepatan penggunaan ejaan, kedua buku teks bahasa Indonesia tersebut mendapat status Tepat. Aspek kedua kesesuaian dengan perkembangan peserta didik, buku teks bahasa Indonesia terbitan Pemerintah mendapat status Kurang baik sedangkan buku teks bahasa Indonesia terbitan Bumi Aksara mendapat status baik. Aspek ketiga kelugasan, kedua buku teks bahasa Indonesia tersebut mendapat status lugas. Ketiga, dari segi kualitas penyajiannya, aspek yang dinilai adalah; petama pembangkit motivasi belajar siswa, kedua buku teks bahasa Indonesia tersebut mendapat status menarik , kedua ada tidaknya soal latihan di setiap akhir bab mendapat buku teks bahasa Indonesia mendapat status kurang lengkap sedangkan buku teks bahasa Indonesia terbitan Bumi Aksara mendapat status lengkap; ketiga glosarium dan indek.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis buku ajar, isi, bahasa, penyajian, tampalan/kegrafikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 May 2018 04:07
Last Modified: 12 May 2018 04:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3693

Actions (login required)

View Item View Item