PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS KELAS XI IPS 4 SMAN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RIZKY YULIANA, BAIQ ROZITA (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS KELAS XI IPS 4 SMAN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ ROZITA RIZKY YULIANA (E1R013007).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian di SMAN 7 Mataram khususnya di kelas XI IPS 4 ini dilatar belakangi oleh kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Hal ini mengakibatkan keaktifan siswa didalam kelas menjadi rendah, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika juga rendah. Oleh karena itu diperlukan metode mengajar yang variatif, kreatif, menarik dan menyenangkan khususnya dalam mengajar pada materi Fungsi Komposisi dan Invers. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan siswa adalah dengan menggunakan Metode Reward and Punishment. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 4 SMAN 7 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu, aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat apabila aktivitas siswa minimal berkategori aktif pada akhir siklus. Prestasi belajar siswa dikatakan meningkat apabila siswa tuntas belajar yakni 85% siswa memperoleh nilai minimal 75 (KKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari tiap siklus dengan skor rata–rata aktivitas belajar siswa masing-masing pada siklus I 11,64 dan 13,66 dengan kategori cukup aktif dan aktif serta skor rata–rata aktivitas belajar siswa masing-masing pada siklus II yaitu 15,32 dan 18,32 dengan kategori aktif dan sangat aktif. Sedangkan prestasi belajar siswa tiap siklus dari siklus I ke siklus II masing-masing 75,63 dan 81,38 dengan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II masing-masing 66,66% dan 86,11%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Reward and Punishment dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers kelas XI IPS 4 SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Reward and Punishment, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 12 May 2018 03:56
Last Modified: 12 May 2018 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3703

Actions (login required)

View Item View Item