PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA DI KECAMATAN SELONG PADA PELAJARAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2021/2022

MUHAMMAD ASFIAN, NUSFI ASRI (2023) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA DI KECAMATAN SELONG PADA PELAJARAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (MUHAMMAD ASFIAN NUSFI ASRI E1A015035).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Article Text-3029-1-10-20220724.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur profil kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA berdasarkan taksonomi SOLO di kecamatan Selong, membandingkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik laki–laki dan perempuan, serta membandingkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik sekolah negeri dan sekolah swasta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI dari dua sekolah negeri dan dua sekolah swasta di kecamatan Selong Lotim. Sampel penelitian berjumlah 40 orang dengan sebaran masing–masing 10 orang di setiap sekolah. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik diukur dengan instrumen yang dikembangkanan dengan mengacu pada taksonomi SOLO yang terbagi menjadi 5 level, yaitu Prastructural, Unistructural, multistructural, Relational, Extended Abstrack dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di kecamatan Selong berdasarkan taksonomi SOLO yaitu 44,5% peserta didik dengan kategori rendah, 47% dengan kategori sedang, dan 8,5% dengan kategori tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik laki–laki dan perempuan berdasarkan taksonomi SOLO yaitu 40% laki–laki dan 49% perempuan dengan kategori rendah, 53% laki–laki dan 41% perempuan dengan kategori sedang, 7% laki–laki dan 10% perempuan dengan kategori tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA negeri dan SMA swasta berdasarkan taksonomi SOLO yaitu 28% SMA negeri dan 61% SMA swasta dengan kategori rendah, 55% SMA negeri dan 39% SMA swasta dengan kategori sedang, 17% SMA negeri dan 0% SMA swasta dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Taksonomi SOLO, HOTS, Gender
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Apr 2023 01:59
Last Modified: 28 Apr 2023 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37098

Actions (login required)

View Item View Item