THE USE OF THE WORLD WALL PICTURES MEDIA IN IMPROVING AUTISTIC STUDENTS’ VOCABULARY: (A CASE STUDY) AT A MATARAM STATE SPECIAL SCHOOL

NOVIA, SURIYANI (2023) THE USE OF THE WORLD WALL PICTURES MEDIA IN IMPROVING AUTISTIC STUDENTS’ VOCABULARY: (A CASE STUDY) AT A MATARAM STATE SPECIAL SCHOOL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
A Thesis_Novia Suriyani_E1D019158.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Penggunaan Media Gambar Dinding Kata Dalam Meningkatkan Kosakata Siswa Autis: (Studi Kasus) di SLB Negeri Mataram” penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media gambar dinding kata oleh guru dan untuk mengetahui tanggapan siswa autis terhadap penggunaan media gambar dinding kata oleh guru untuk mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Populasinya adalah semua guru autis dan sampelnya adalah dua orang guru autis. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposeful sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan kamera. Metode analisis data adalah kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama terdapat empat cara guru menggunakan media gambar dinding kata untuk meningkatkan kosakata siswaautis, seperti brainstorming, pemodelan, mendengarkan dan mengulang, dan berlatih. Kedua, terdapat tiga tanggapan yang diberikan oleh siswa autis terhadap penggunaan media gambar dinding kata oleh guru dalam meningkatkan kosakata, seperti, bingung, tertarik, dan bermain. Kesimpulannya adalah penggunaan media gambar dinding kata efektif dalam meningkatkan kosakata siswa autis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gambar dinding kata, siswa autis, kosa kata
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 May 2023 23:17
Last Modified: 03 May 2023 23:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37290

Actions (login required)

View Item View Item