ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS (ANDALALIN)AKIBAT PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT GRAHA ULTIMA MEDIKA

Hasyim, Hasyim (2017) ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS (ANDALALIN)AKIBAT PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT GRAHA ULTIMA MEDIKA. Spektrum Sipil, 3 (1). pp. 81-91. ISSN 2581-2505

[img]
Preview
Text
ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS (ANDALALIN) AKIBAT PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT GRAHA ULTIMA MEDIKA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://spektrum.unram.ac.id/index.php/Spektrum/ar...

Abstract

Pembangunan Rumah sakit Graha Ultima Medika di Jl. Majapahit tentunya akan berdampak terhadap lalu lintas di sekitarnya terutama sirkulasi dan pembebanan jalan yang disebabkan oleh tarikan dan bangkitan pada rumah sakit. Dampak lalu lintas sebagaimana yang disebutkan dalam Undang-undang No.22 tahun 2009 dan penjelasannya pada Peraturan Pemerintah (PP) No.32 tahun 2011 menyatakan “Setiap rencana pembangunan pusat kegiatan, permukiman, dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan wajib dilakukan analisis dampak lalu lintas (Andalalin).” Selain itu, berdasarkan syarat pedoman teknis penyusunan andalalin Departemen Perhubungan, rumah sakit yang memiliki minimal 50 tempat tidur wajib melakukan andalalin.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi seberapa besar dampak lalu lintas yang akan ditimbulkan setelah rumah sakit beroperasi. Dampak tersebut dilihat dari nilai pembebanan lalu lintas, kinerja jalan(derajat Kejenuhan/DS), dan sirkulasi pergerakan.Metode yang digunakan adalahdengan memperkirakan tarikan dan bangkitan pada rumah sakit tersebut setelah beroperasi melalui pendekatan pemodelan tarikan dan bangkitan rumah sakit setara yang telah beroperasi. Pemodelan dilakukan dengan analisis regresi linier. Perkiraan jumlah tarikan dan bangkitan tersebut akan dibebankan ke Jl. Majapahit sehingga diketahui kinerja jalan setelah Rumah Sakit Graha Ultima Medika beroperasi. Dari hasil analisa data, besar pembebanan lalu lintas di Jl. Majapahit setelah rumah sakit tersebut beroperasi adalah 1498,7 smp/jam arah T –B dan 1433,8 smp/jam arah B –T. Sedangkan kinerja jalan berdasarkan nilai derajat kejenuhan untuk kondisi pra konstruksi, saat konstruksi, dan pasca konstruksi secara berurutan adalah 0,30; 0,51; 0,55 arah T –B dan 0,25; 0,43; 0,46 arah B –T.Berdasarkan jumlah tarikan perjalanan /jam, pembangunan rumah sakit tersebut masuk dalam kelas pengembangan kawasan berskala kecil atau kelas Andalalin I. Dampak lalu lintas yang ditimbulkanadalah kecil, sehingga tidak diperlukansolusi / penanganan khusus. Tetapi perlu dilakukan pengaturan lalu lintas agar gangguan yang menyebabkan kelancaran arus lalu lintas di Jl. Majapahit dapat diminimalisir.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Dampak lalu lintas, Tarikan dan bangkitan, Kinerja jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Hasyim, ST.,MT
Date Deposited: 03 May 2023 23:13
Last Modified: 07 Jun 2023 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37297

Actions (login required)

View Item View Item