PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI

ZULFAN, HATAMI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ZULFAN HATAMI_E1M018088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_zulfan hatami_E1M018088.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media roda putar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Labuhan Haji. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group yang dilaksanakan di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebanyak 68 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sumpling, dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pretest dan postest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rerata N-Gain yaitu 0.65 dan 0.55 pada kategori cukup efektif dan kurang efektif. Pengujian data menggunakan non-parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Hasil uji Mann-Whitney yaitu sebesar 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0.05, hal menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media roda putar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan berpikir kritis, Media roda putar, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 May 2023 23:20
Last Modified: 03 May 2023 23:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37308

Actions (login required)

View Item View Item