ANALISIS WAKTU BAKU PELAYANAN KAPAL DI PELABUHAN PENYEBERANGAN LEMBAR

Karyawan, I Dewa Made Alit (2012) ANALISIS WAKTU BAKU PELAYANAN KAPAL DI PELABUHAN PENYEBERANGAN LEMBAR. Jurnal Teknik REKAYASA, 13 (1). pp. 62-72. ISSN P-ISSN: 1693-2951; E-ISSN: 2503-2372

[img]
Preview
Text
ANALISIS WAKTU BAKU PELAYANAN KAPAL DI PELABUHAN PENYEBERANGAN LEMBAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
Official URL: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/36669628/1-l...

Abstract

Pelabuhan Lembar yang terletak di Pantai Labuhan Tereng di Kabupaten Lombok Barat adalah pelabuhan penyeberangan yang melayani kapal dari Pulau Lombok menuju ke Pulau Bali atau sebaliknya. Seperti pada umumnya, masalah kinerja pelayanan sering dijumpai dalam operasional pelabuhan, begitu juga halnya yang terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Lembar. Pengelolaan pelabuhan yang tidak efektif merupakan salah satu penyebab rendahnya pelayanan. Terjadinya antrian kapal karena harus menunggu kapal yang belum selesai melakukan aktivitas di dermaga adalah salah satu akibat dari kurang tepatnya manajemen pengoperasian pelabuhan. Dampak selanjutnya adalah tidak puasnya pengguna atau penumpang kapal terhadap pelayanan angkutan penyeberangan. Salah satu parameter yang perlu diperhatikan dalam upaya peningkatan pelayanan adalah lamanya waktu operasional yang dibutuhkan kapal di pelabuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung waktu yang dibutuhkan oleh sebuah kapal dalam melakukan manuver, menaikan dan menurunkan penumpang di dermaga Pelabuhan Penyeberangan Lembar. Waktu tersebut sering disebut waktu baku yang merupakan waktu headway. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survai di Pelabuhan Penyeberangan Lembar untuk mendapatkan data waktu menaikkan dan menurunkan kendaraan roda empat (bongkar muat) serta waktu manuver kapal. Data dianalisis sehingga dapat diketahui waktu operasional yang dibutuhkan kapal untuk bongkar muat dan manuver. Waktu baku operasional merupakan jumlah dari waktu bongkar muat dan manuver dikalikan dengan kapasitas kapal. Hasil penelitian menunjukkan: 1)Nilai waktu baku operasional kapal di Pelabuhan Lembar rata-rata 66,949 menit/kapal. Dimana waktu baku dari masingmasing kapal sesuai dengan kapasitasnya adalah: kapal dengan kapasitas 20 kendaraan roda empat sebesar 51,817 menit, kapasitas 23 kendaraan roda empat, sebesar 58,593 menit, kapasitas 25 kendaraan roda empat, sebesar 63,012 menit, kapasitas 30 kendaraan roda empat sebesar 74,207 menit, kapasitas 35 kendaraan roda empat sebesar 85,402 menit, kapasitas 40 kendaraan roda empat sebesar 96,597menit; 2) Nilai rata-rata sebesar 66,949 menit/kapal menunjukkan operasional kapal di Pelabuhan Lembar sudah optimal karena kurang dari selang waktu keberangkatan yang ditetapkan di Pelabuhan Lembar yaitu sebesar 90 menit, tetapi belum optimal untuk kapal dengan kapasitas 40 kendaraan roda empat.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): waktu bongkar muat dan manuver kapal, waktu baku operasional, pelabuhan penyeberangan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Dr. Ir. I Dewa Made Alit Karyawan, MT.
Date Deposited: 29 May 2023 09:22
Last Modified: 29 May 2023 09:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37309

Actions (login required)

View Item View Item