ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KIMIA SECARA ONLINE DIMASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT

ANJELINA, ERFANNY (2023) ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KIMIA SECARA ONLINE DIMASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX AE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ANJELINA ERFANNY (2).pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan, kendala, dan upaya selama pembelajaran kimia berlangsung secara online dimasa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Gerung Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa angket yang diisi oleh 72 sampel. Sampel penelitian diambil secara simple random sampling yang telah diperhitungkan dengan rumus Slovin. Hasil analisis data angket penelitian pada semua indikator menghasilkan nilai rata-rata secara berturut-turut dengan aspek kurang efektif seperti berikut: indikator proses komunikasi 3,40 indikator pengelolaan pelaksanaan pembelajaran 3,20, indikator respon peserta didik 3,32, indikator aktivitas belajar 3,10, dan indikator hasil belajar siswa 3,20. Pembelajaran kimia secara online dimasa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Gerung Kabupaten Lombok Barat masih kurang efektif dengan nilai rata-rata 3,24. Kendala selama pembelajaran berlangsung secara online yaitu koneksi internet yang kurang stabil, keterbatasan kuota internet, dan ada siswa yang tidak memiliki HP. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu guru berkunjung ke rumah siswa untuk memberikan pembelajaran dan dilakukan pembelajaran tatap muka terbatas

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keefektifan, kendala, upaya, pembelajaran online
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 May 2023 06:59
Last Modified: 04 May 2023 06:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37333

Actions (login required)

View Item View Item