PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PETANI PADI ATAS DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI OLEH PENGECER (Studi di Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu)

RATU, SUSANTI (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PETANI PADI ATAS DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI OLEH PENGECER (Studi di Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ratu Susanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RATU SUSANTI.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum yang diberikan kepada petani padi atas tindakan pengecer yang menjual pupuk subsidi tidak sesuai HET serta upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dalam menghadapi perbuatan pengecer yang menyimpang dari aturan Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian hukum Normatif Empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, perlindungan hukum yang diberikan kepada petani padi merupakan perlindungan hukum preventif yaitu yang bertujuan mencegah sebelum terjadi suatu masalah. Kedua, upaya yang dilakukan Dinas Pertanian berupa sosialisasi, pembinaan kepada pengecer serta pengawasan lebih lanjut terhadap pengecer yang mendapat peringatan sampai cabut ijin usaha

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Petani, Distribusi Pupuk
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 May 2023 06:59
Last Modified: 04 May 2023 06:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37334

Actions (login required)

View Item View Item