HUBUNGAN PERANAN PENYULUH BERBASIS GENDER DENGAN TINGKAT KEBERHASILAN KELOMPOK TANI DI KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Hayati, Hayati (2022) HUBUNGAN PERANAN PENYULUH BERBASIS GENDER DENGAN TINGKAT KEBERHASILAN KELOMPOK TANI DI KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT. In: Seminar Magister Pertanian Lahan Kering, 20-21 Oktober 2022, Mataram.

[img]
Preview
Text
Hubungan.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan penyuluh berbasis gender, tingkat keberhasilan kelompok tani yaitu perubahan perilaku petani, hubungan antara peranan penyuluh dengan perubahan perilaku petani. Penelitian dilakukan di Kecamatan Taliwang dengan menggunakan teknik survey. Wawancara terstruktur dilakukan kepada 48 responden petani dan wawancara mendalam kepada beberapa informan penyuluh laki-laki dan perempuan. Data dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif, statistik uji beda dan korelasi rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penyuluh laki-laki dan perempuan memiliki peranan yang tinggi tetapi hasil uji beda menggambarkan bahwa peranan penyuluh yang perempuan sebagai fasilitator, motivator dan organisator adalah lebih tinggi dari penyuluh yang laki-laki. Demikian pula dengan tingkat perubahan perilaku petani anggota kelompok tani binaan penyuluh. Meskipun secara umum penyuluh yang laki-laki dan perempuan berperan dalam merubah perilaku anggota kelompok tani binaannya, hasil uji beda menunjukkan bahwa penyuluh perempuan memiliki peranan yang lebih tinggi dari penyuluh laki-laki dalam meningkatkan keberhasilan dalam merubah perilaku kelompok tani yaitu pada perubahan pengetahuan dan keterampilan. Hasil perhitungan uji statistik korelasi rank Spearman menunjukkan bahwa secara umum peranan penyuluh berkaitan dengan peningkatan keberhasilan kelompok tani. Berdasarkan perbandingan, bahwa penyuluh laki-laki memiliki korelasi yang lebih kuat dibandingkan dengan korelasi penyuluh perempuan. Temuan penelitian ini memberikan pandangan bahwa penyuluh perempuan dan laki-laki mampu menjalankan perannya dan memiliki potensi untuk merubah perilaku anggota kelompok tani.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords (Kata Kunci): gender, kelompok tani, peranan penyuluh, perubahan perilaku
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Dr. Ir. Hayati M. Hum
Date Deposited: 05 May 2023 03:02
Last Modified: 05 May 2023 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37359

Actions (login required)

View Item View Item