PENGARUH VARIASI KONSENTRASI ASAM SITRAT DAN ASAM TARTRAT TERHADAP SIFAT FISIK GRANUL EFFERVESCENT SARI WORTEL (Daucus carota L)

SAHSIATUN, ASHUFIAH (2023) PENGARUH VARIASI KONSENTRASI ASAM SITRAT DAN ASAM TARTRAT TERHADAP SIFAT FISIK GRANUL EFFERVESCENT SARI WORTEL (Daucus carota L). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SAHSIATUN ASHUFIAH (K1A017045).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SAHSIATUN ASAHUFIAH (K1A017045).pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Wortel (Daucus carota L) merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan β- karoten yang tinggi. Dalam meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan khususnya wortel maka dibuat sediaan yang praktis dan menarik. Salah satu sediaan yang dapat dikembangkan adalah granul effervescent. Konsentrasi asam pada pembuatan granul effervescent ini akan mempengaruhi sifat fisik granul effervescent. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi konsentrasi asam tartrat dan asam sitrat terhadap sifat fisik granul effervescent wortel. Metode pembuatan granul effervescent menggunakan metode granulasi basah dengan variasi konsentrasi asam sitrat, asam tartrat, dan natrium bikarbonat pada formula 1 terdapat perbandingan 1,5:0,5:2,62; formula 2 dengan perbandingan 0,5:1,5:2,62; dan untuk formula 3 dengan perbandingan 1:1:2,62. Granul effervescent yang terbentuk kemudian dievaluasi sifat fisiknya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh granul effervescent sari wortel berbentuk granula berwarna orange, beraroma asam serta rasanya asam. Data hasil pengujian diperoleh bahwa sifat granul effervescent sari wortel yang paling memenuhi syarat yaitu pada formula 2 dengan uji kecepatan alir 4,77 ± 0,25 detik, waktu larut 2.76 ± 0,14 detik, dan kadar air 2,55 % ± 0,25 %, namun pada data uji pH dan sudut diam untuk ketiga formula belum memenuhi syarat pada uji pH 6-7, dan untuk sudut diam < 40º. Variasi konsentrasi asam sitrat, asam tartrat, dan natrium bikarbonat berpengaruh terhadap sifat fisik dari granul effervescent sari wortel

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): β- karoten, Effervescent, Granul, Wortel
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 May 2023 08:20
Last Modified: 05 May 2023 08:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37365

Actions (login required)

View Item View Item