EVALUASI KINERJA OPERASIONAL TERMINAL DARA KOTA BIMA

Hasyim, Hasyim (2020) EVALUASI KINERJA OPERASIONAL TERMINAL DARA KOTA BIMA. GANEC SWARA, 14 (1). pp. 481-490. ISSN 1978-0125 (print) 2615-8116 (online)

[img]
Preview
Text
EVALUASI KINERJA OPERASIONAL TERMINAL DARA KOTA BIMA I WAYAN SUTEJA1), ROHANI2), HASYIM3).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA/a...

Abstract

Terminal Dara merupakan pusat kegiatan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan akan pergerakan dari satu tempat ke tempat lain dengan berbagai tujuan yang digunakan oleh masayarakat Kota dan Kabupaten Bima. Terminal Dara mengalami penurunan dan peningkatan jumlah angkutan dari tahun ke tahun, kondisi ini membuat fasilitasdan kinerja operasional di Terminal Dara sangat penting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja operasional dan fasilitas serta luasan fasilitas Terminal Dara saat ini. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah survey langsung di lapangan untuk data primer dengan cara mencatat plat nomor dan waktu masuk dan keluar bus dan kendaraan pengunjung di pintu masuk dan pintu keluar serta mencatat jumlah penumpang dan pengguna ruang tunggu, jumlah seat pada ruang tunggu penumpang, kapasitas bus dan fasilitas dan luasan fasilitas terminal. Pengambilan data dilakukan selama tiga hari dengan durasi waktu 13 jam disetiap harinya. Berdasarkan hasil analisis kinerja yang telah dilakukan, diperoleh nilai untuk analisis antrian bus ρ = 2,11 > 1 yang menandakan terjadi antrian pelayanan bus di Terminal Dara. Nilai waktu antara rata – rata kedatangan tertinggi sebesar 17 menit 22 detik dan waktu antara rata – rata keberangkatan tertinggi sebesar 12 menit 23 detik. Load factor keberangkatan tertinggi sebesar 81,44 % pada ANGDES dan load factor kedatangan tertinggi sebesar 73,64 % pada ANGDES juga. Kebutuhan ruang parkir untuk kendaraan pribadi mobil dan sepeda motor sebesar 128 m² masih bisa dilayani oleh areal parkir kendaraan pribadi terminal, sedangkan areal parkir untuk bus sudah tidak mampu melayani bus yang parkir di areal parkir bus dengan nilai kebutuhan ruang parkir 902,5 m² sedangkan luas areal parkir bus saat ini sebesar 631,25 m². Berdasarkan hasil survey yang ada, Terminal Dara perlu merenovasi jalur keberangkatan bus dan ruang tunggu penumpang, atau bisa merelokasi terminal ke lahan yang lebih luas.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Terminal Dara, kinerja operasional terminal, fasilitas terminal
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Hasyim, ST.,MT
Date Deposited: 08 May 2023 02:00
Last Modified: 07 Jun 2023 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37412

Actions (login required)

View Item View Item