TINJAUAN HAMBATAN SAMPING, KAPASITAS DAN TUNDAAN LALU LINTAS PADA SIMPANG TIDAK BERSINYAL DIKOTA MATARAM

Hasyim, Hasyim (2023) TINJAUAN HAMBATAN SAMPING, KAPASITAS DAN TUNDAAN LALU LINTAS PADA SIMPANG TIDAK BERSINYAL DIKOTA MATARAM. GANEC SWARA, 17 (1). pp. 15-23. ISSN ISSN 1978-0125 (print) 2615-8116 (online)

[img]
Preview
Text
TINJAUAN HAMBATAN SAMPING, KAPASITAS DAN TUNDAAN LALU LINTAS PADA SIMPANG TIDAK BERSINYAL DIKOTA MATARAM.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA/i...

Abstract

Pada beberapa ruas jalan di kota Mataram seperti ruas jalan Dr.Wahidin banyak terdapat pertokoan yang tidak memiliki lahan parkir yang cukup sehingga banyak kendaraan yang parkir di bahu jalan bahkan di badan jalan. Adanya pejalan kaki yang menyeberang jalan dan aktifitas kendaraan yang keluar/masuk jalan berpengaruh terhadap kecepatan lalu lintas, dan kapasitas jalan sehingga pada jam-jam tertentu sering terjadi kemacetan. Hal ini tentunya akan berdampak terhadap tundaan pada simpang Dr. Wahidin. Pada jalan Caturwarga terdapat sekolah, rumah sakit dan pertokoan yang tidak memiliki lahan parkir yang cukup, banyak kendaraan yang menurunkan dan menaikkan penumpang dan kendaraan yang keluar masuk sisi guna lahan jalan. Tentu saja kondisi tersebut berpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas, sehingga berdampak terhadap tundaan pada simpang Catur Warga. Penelitian ini menganalisa jumlah hambatan samping, kapasitas dan tundaan pada simpang tidak bersinyal di jalan Catur Warga dan Dr.Wahidin. Total dari hambatan samping ini akan digunakan untuk menganalisis seberapa besar pengaruhnya terhadap tundaan dengan menggunakan metode MKJI 1997. Hasil analisis pada simpang Catur Warga memiliki hambatan samping, dan tundaan berturut-turut yaitu sebesar 790,7 kejadian/jam, 16,63 det/smp. Sedangkan pada simpang Dr.Wahidin memiliki hambatan samping dan tundaan secara berturut-berturut sebesar 403,1 kejadian/jam dan 17,00 det/smp. Dari hasil analisis regresi, hambatan samping berpengaruh terhadap tundaan lalu lintas sebesar 89,7% dan pada simpang Dr.Wahidin sebesar 79,7%. Secara parsial pada simpang Catur Warga variabel hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap tundaan yaitu kendaraan keluar/masuk sisi guna lahan jalan (EEV). Pada jalan Dr.Wahidin variabel hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap tundaan yaitu pejalan kaki (PED).

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): hambatan samping, kapasitas simpang, tundaan simpang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Hasyim, ST.,MT
Date Deposited: 08 May 2023 02:23
Last Modified: 06 Jun 2023 23:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37441

Actions (login required)

View Item View Item