PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN SATU ARAH DAN DUA ARAH TANPA MEDIAN DI KOTAMADYA MATARAM

Hasyim, Hasyim (2023) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN SATU ARAH DAN DUA ARAH TANPA MEDIAN DI KOTAMADYA MATARAM. GANEC SWARA, 17 (1). pp. 166-175. ISSN ISSN 1978-0125 (print) 2615-8116 (online)

[img]
Preview
Text
PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN SATU ARAH DAN DUA ARAH TANPA MEDIAN DI KOTAMADYA MATARAM.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA/i...

Abstract

Ruas jalan Catur Warga dan Dr.Wahidin tidak memiliki lahan parkir yang cukup sehingga banyak kendaraan yang parkir di bahu jalan bahkan di badan jalan. Banyaknya pejalan kaki yang menyeberang jalan dan aktifitas kendaraan yang keluar/masuk jalan menyebabkan menurunnya kecepatan arus lalu lintas, dan kapasitas jalan sehingga pada jam-jam tertentu sering terjadi kemacetan. Penelitian ini menganalisis pengaruh hambatan samping terhadap volume dan kecepatan pada ruas jalan Catur Warga dan Dr.Wahidin dengan menggunakan metode MKJI 1997. Hasil analisis pada jalan satu arah yaitu jalan Catur Warga memiliki hambatan samping, volume dan kecepatan secara berturut-turut yaitu sebesar 790,7 kejadian/jam, 1533,75 smp/am dan 46,08 km/jam. Sedangkan pada jalan dua arah yaitu jalan Dr.Wahidin memiliki hambatan samping, volume dan kecepatan sebesar 403,1 kejadian/jam, 1916,15 smp/jam dan 38,58 km/jam. Dari hasil analisis regresi, hambatan samping berpengaruh sangat signifikan terhadap volume lalu lintas dan kecepatan. Dapat dilihat dari (r) berada pada rentang 0,7 < r < 0,9 dimana angka tersebut menunjukkan pengaruh yang kuat dan 0,9 < r < 1 menunjukkan pengaruh yang sangat kuat. Hasil analisis regresi secara parsial menunjukkan pada jalan Catur Warga variabel hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap volume yaitu Parkir dan Kendaraan Berhenti (PSV), sedangkan pada kecepatan yaitu Kendaraan Keluar/Masuk sisi guna lahan jalan (EEV). Pada jalan Dr.Wahidin variabel hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap volume yaitu Pejalan Kaki (PED), sedangkan pada kecepatan yaitu Parkir dan Kendaraan Berhenti (PSV).

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): hambatan samping, volume lalu lintas, kecepatan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Hasyim, ST.,MT
Date Deposited: 08 May 2023 02:24
Last Modified: 06 Jun 2023 23:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37442

Actions (login required)

View Item View Item